TUHAN ALLAH HADIR

Lalu kata mereka kepadaya: “Dimanakah Sara, isterimu?” Jawabnya: “Disana, di dalam kemah.” (Kejadian 18:9)

1 Kor. 6:6-9                      BE. 257:4                              Ul. 1:16-17

Berbagai cara yang dilakukan Tuhan untuk menampakkan diriNya kepada orang pilihanNya. Dalam perikop ini, Tuhan menampakkan diriNya kepada Abraham melalui 3 orang seperti malaikat Tuhan. Yang sangat menarik adalah respon Abraham menyambut ketiga orang tersebut: Abraham berlari menyongsong mereka, sujud dan membasuh kaki mereka. Menyuruh isterinya Sara mempersiapkan makanan, dan menyuruh pekerjanya memotong seekor anak lembu yang empuk untuk disuguhkan kepada tamunya. Abraham melakukan segala yang baik untuk menyenangkan hati tamunya.

Kemudian, mereka menanyakan dimana Sara, istrinya Abraham. Mereka mengatakan bahwa tahun berikutnya waktu mereka datang kembali, Sara akan melahirkan seorang anak. Berita ini sangat mengejutkan Abraham dan Sara, karena pada waktu itu Abraham telah berumur 99 tahun dan Sara berumur 89 tahun dan sudah mati haid. Bagi Allah tidak ada yang mustahil. Sara segera hamil; setahun kemudian melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Ishak. Janji Allah kepada Abraham terpenuhi, bahwa melalui anaknya Ishak, Abraham menjadi bapa sejumlah besar bangsa, mempunyai keturunan yang sangat banyak seperti bintang di langit.

Tuhan Allah hadir di kemahnya Abraham dan Sara dalam wujud 3 orang seperti malaikat Tuhan. Allah adalah omni presen, artinya hadir di semua tempat setiap waktu. Demikian juga Tuhan selalu hadir dalam wujud Roh di rumah atau tempat setiap orang yang merindukanNya, di rumah kita, di tempat kerja kita, di persekutuan kita. Marilah mengundang Dia selalu hadir bersama kita.

Doa  :     Tuhan Yang Maha Kasih dan Maha Hadir, hadirlah selalu menyertai kami, dan ajar kami menyambutMu dengan melakukan segala yang baik. Amin. (PMS)