Senin, 24 September 2018

TUHAN ADIL MEMELIHARA CIPTAANNYA

Keinginan orang-orang yang tertindas telah Kaudengarkan, ya Tuhan; Engkau menguatkan hati mereka, Engkau memasang telingaMu, untuk memberi keadilan kepada anak yatim dan orang yang terinjak; supaya tidak ada lagi seorang manusia di bumi yang berani menakut-nakuti (Mazmur 10:17-18)

1 Kor. 13:4-7                          BE. 285:1-2                             Bil.  27:1-11

           Dalam pembacaan nats ini, pemazmur prihatin terhadap keadaan di sekitarnya, bahwa orang fasik melakukan penindasan kepada orang yang lemah dengan sombong. Orang fasik beranggapan bahwa Allah tidak akan menuntut perlakuan mereka yang sewenang-wenang dan jahat. Keadaan yang sama juga dapat kita temukan dalam kehidupan kita di zaman ini, tentang perbuatan orang fasik yang yang meresahkan kita baik secara pribadi maupun kelompok.

Apakah Allah lalai dan tidak perduli terhadap keadaan ini? Sesungguhnya Allah perduli karena rancangan Tuhan adalah damai sejahtera dan bukan kecelakaan. Namun dosa telah memisahkan manusia dari Allah, dan membuat hubungan antara manusia dengan Allah dan sesama menjadi rusak, egois dan tidak harmonis, dan inilah masalah dalam kehidupan manusia yang berdosa. Tapi satu hal yang pasti bahwa Allah itu kasih dan adil. Oleh karena kasihNya, Allah rindu supaya manusia itu bertobat supaya bebas dari hukuman. Tapi di dalam keadilanNya, Allah pasti menghukum manusia berdosa.

Hukuman Tuhan tetap akan dilaksanakan baik dalam hidup kekinian mau pun dalam kekekalan. Penindasan kepada orang ter-tindas, anak yatim dan orang yang terinjak, yang dilakukan orang fasik akan dihukum Tuhan, supaya mereka melihat ada Tuhan yang perduli dan memelihara ciptaan tanganNya. Demikian juga dalam kekekalan, manusia berdosa pasti dihukum dalam kematian kekal di neraka kelak.

Doa  :     Tuhan, bimbing kami berjalan seturut dengan FirmanMu agar kami terbebas dari hukumanMu baik selama di dunia ini hingga kelak dalam kekekalan. Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.