IMAN PERCAYA TOTAL KEPADA TUHAN

Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu  (Matius 9:26)

Mat. 18:21-35                    BE. 15: 2+8                          Kel.  2:11-14

          Iman tidak disertai perbuatan pada hakekatnya adalah mati (Yak. 2: 17b) karena iman adalah percaya total kepada Tuhan yang hanya nyata dalam perbuatan-perbuatan yang menaati FirmanNya. Nats ini adalah kesaksian tentang kuasa iman yang hidup yaitu percaya total kepada Yesus Kristus dalam perbuatan (faith in action) yang diberitakan Injil Matius dalam perikop ini. Pertama, iman wanita yang sakit perda-rahan, yang percaya total akan kuasa Yesus Kristus sehingga cukup baginya untuk berharap kesembuhan dengan menyentuh jumbai jubahNya, dan dia sembuh. Kedua, kepala rumah Ibadat percaya Yesus berkuasa atas maut, dan memohon Yesus meletakkan tanganNya pada putrinya agar hidup kembali. Yesus masuk ke rumahnya memegang tangan anak itu, dan dia kembali hidup.

Perikop ini memberitakan iman seorang perempuan awam dan seorang laki-laki kepala Rumah Ibadat. Inti kesaksian ini adalah: (1) Memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Tuhan Yesus adalah tugas semua orang percaya. imamat yang rajani (1 Pet. 2:9), tidak memandang gender atau jabatan keagamaan. (2) Doa atau permohonan orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya (Lihat Yak.5:16b). Permohonan dalam iman kepada Tuhan Yesus tidak hanya untuk menyelamatkan diri sendiri tetapi dapat juga menyelamatkan orang lain.

Iman percaya total kepada Tuhan Yesus adalah sumber sukacita dan kesiapan kita melayani dengan perbuatan-perbuatan yang meyiarkan kesaksian tentang iman yang menyelamatkan (Mat.9:22). Dengan iman seperti itu, Tuhan selalu mendukung kita.

 Doa : Ya Tuhan teguhkan iman kami untuk memberitakan kesaksian yang hidup tentang Yesus,  Sang Juruselamat kami. Amin. (BDFS