Kamis, 20 September 2018

MEMIUTANGI TUHAN

Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi Tuhan, yang akan membalas perbuatannya itu (Amsal 19:17)

 Yud. 1:20-21                     BE. 481: 2                               Kel. 2:1-10

           Dalam kehidupan ini, kalau ditanya, hampir tidak ada orang yang mau miskin. Orang kaya selalu berupaya untuk tetap bertahan kaya, dan orang miskin selalu berupaya untuk tidak miskin. Namun realitanya, selalu ada saja orang miskin di sekitar kita.

Dari nats di atas, kita diingatkan Tuhan bahwa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah adalah kewajiban. Orang-orang yang tidak mempunyai uang pun, tetap bisa berbelas kasihan kepada orang miskin, bisa peduli dan prihatin terhadap mereka dengan berlandaskan kasih. Berbelas kasihan adalah soal hati yang tergugah terhadap kesulitan orang lain. Langkah selanjutnya adalah berbuat suatu tindakan untuk mewujudkan hati yang tergugah itu. Berbuat bagi orang miskin dengan cara memberikan sesuatu kepada mereka. Peduli kepada mereka. Itulah kasih. Tindakan perbuatan ini yang sangat diperhitungkan Allah. Apa yang diberikan kepada orang miskin, atau diperbuat bagi mereka, Allah akan memperhitungkannya sebagai piutang kepada-Nya. Piutang atau memberi pinjaman sepertinya membuat Allah berhutang. Benar!!. Allah memandangnya dengan baik, seolah-olah itu diperbuat bagi Dia sendiri, Allah merasa senang.

Tuhan akan membalas perbuatan ini dengan berlimpah. Dengan berkat-berkat di dunia ini maupun dengan berkat rohani dan berkat kekekalan. Untuk itu, mari kita berbelas kasihan kepada yang lemah. Dan berbuat sesuatu kepada mereka yang miskin, yang terabaikan dan  terpinggirkan. Inilah ladang yang tersedia untuk kita melayani. Allah memandangnya dengan sukacita.

Doa  :     Tuhan, ajar kami untuk berbelas kasihan kepada orang-orang lemah dan berkekurangan serta berbuat baik bagi mereka. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Kamis, 20 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.