Senin, 17 September 2018

MENGASIHI ORANG LEMAH DIBERKATI TUHAN

Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! Tuhan akan meluputkan dia pada waktu celaka. Tuhan akan melindungi dia dan memelihara nyawanya (Maz 41:2-3a)

Mat. 9: 9-13                BE. 504: 1+2                      Mzm. 112:6b-10

        Zaman now yang dikenal dengan era teknologi tinggi, telah membawa perubahan yang luar biasa terhadap sifat dan peri-laku serta karakter manusia terutama kepada generasi muda. Dampak negatif yang dirasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kepedulian kepada sesama semakin berkurang. Yang menonjol yaitu kepentingan pribadi maupun kelompok atau golongan. Kebanyakan orang berusaha mencari keuntunga untuk diri sendiri tanpa memikirkan orang lain yang semakin sulit memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak orang lemah yang hidup semakin hari semakin menderita, tidak kuat bersaing mencari rezeki, dan tidak ada yang memperdulikan mereka.

Nats ini mengingatkan kita semua memberikan perhatian dan pertolongan kepada orang lemah dan menderita yang hidupnya dalam kesusahan. Tuhan berjanji akan melindungi dan memelihara hidup mereka yang mengasihi orang lemah. Sebagai orang Kristen tentu kita pun banyak ikut dalam kumpulan persaudaraan, seperti kumpulan kekeluargaan, kumpulan satu kampung, kumpulan sektor atau gereja, arisan alumni, dan sebagainya. Kumpulan seperti itu merupakan wahana yang sangat baik untuk mewujudkan saling mempedulikan, saling mengasihi dan menolong yang lemah.

.          Setiap Gereja pada umumnya mempunyai program diakonia, namun pada umumnya baru memberikan dukungan yang sangat minim kepada keluarga yang susah dan lemah. Nats ini menganjurkan, baik Gereja sebagai lembaga, maupun anggota jemaat, harus lebih mening-katkan perhatian untuk membela mereka yang lemah.

Doa  :     Tuhan, bimbinglah Gereja-Gerja dan jemaatnya untuk meningkatkan kepeduliannya menolong orang-orang yang lemah dan menderita kesusahan. Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 17 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.