DIUTUS MEMBERITAKAN KERAJAAN SORGA

Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu (Matius10:14)

1 Kor. 4:6-16                           BE. 756: 3+4                           Ul. 17:8-13

Yesus mengutus keduabelas muridNya pergi ke berbagai tempat untuk mencari domba yang hilang dari Israel dan memberitakan bahwa Kerajaan Sorga sudah dekat. Untuk itu, Yesus membe-rikan kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan setan, serta menyembuhkan orang sakit. Mereka diminta mengunjungi keluarga demi keluarga dan tinggal bersama mereka. Namun bila keluarga itu menolak dan berkeras tidak menerima Firman Tuhan, tidak perlu dipaksakan, tinggalkanlah tempat itu.

                Memang pemberitaan Firman tidak selalu mudah diterima oleh dunia ini. Sering terjadi penolakan bahkan perlawanan. Sejarah perkembangan Gereja menunjukkan bahwa banyak penginjil yang terpaksa mati martir. Oleh sebab itu kita tidak perlu cepat kecewa atau putus asa bila upaya penginjilan kita tidak segera berhasil atau diterima masyarakat yang kita layani. Panggilan kita adalah menyampaikan berita keselamatan supaya mereka percaya kepada Tuhan Yesus pemberi kasih karunia keselamatan itu.

Nats ini juga menekankan supaya rumah kita terbuka menerima pemberita Injil yang datang memberitakan firman agar pengetahuan dan iman kita bertumbuh. Firman mengatakan: “Orang yang menyambut dengan ramah orang-orang bijak, adalah sama dengan mempersembahkan buah-buah pertama dari hasil panennnya kepada Tuhan”. Pada hari penghakiman tanggungan tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya ketimbang kota atau desa yang telah menolak berita Kristus dan Kerajaan Sorga (Ayat 15).

Doa  :     Terima kasih Tuhan mengingatkan kami menyambut baik Pemberita Injil, supaya kami juga siap untuk Tuhan utus memberitakan FirmanMu.  Amin. (TDLB)