Senin, 10 September 2018

DIPILIH DAN DIMAMPUKAN

Tetapi Tuhan berfirman kepadaku: “Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apa pun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan (Yeremia 1:7)

 Mat. 10:40-42                  BE. 666:1+3                            Yer. 20:1-6

             Allah memilih dan mengutus Yeremia menjadi nabi bagi bangsa Israel ketika ia masih muda. Yeremia mencoba menolak pilihan Tuhan itu karena dia masih muda dan merasa tidak pintar berbicara. Tetapi Allah menguatkan Yeremia dan berjanji akan selalu menyertai dan menuntun Yeremia, bahkan mempersiapkan kata-kata atau Firman Tuhan yang akan diucapkannya. Sehingga tidak ada alsan lagi buat Yeremia untuk menolak pengutusan Tuhan. Dan Yeremia sunguh merasakan janji Tuhan itu dalam hidupnya.

Pada saat penulis dipanggil oleh Tuhan menjadi hambaNya, juga merasa tidak pantas. Namun penulis merespon panggilan Tuhan dengan meyakini FirmanNya yang tertulis dalam Yohanes 15:16 yang mengatakan bahwa  bukan saya yang memilih Yesus, tetapi Yesuslah yang memilih saya menjadi hambaNya, dan Dia yang memampukan dan memperlengkapi hambaNya. Para nabi dan rasul yang dipilih dan diutus Tuhan juga mengalami dimampukan dan diperlengkapi oleh Tuhan seperti nabi Musa, Harun, Yesaya, Yeheskiel, Hosea, Yoel, Amos, rasul Petrus, Yohanes, Stefanus, Filipus dan lain-lain.

Tuhan yang memanggil dan memilih kita adalah Raja di atas segala Raja, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang menjadikan langit, bumi dan segala isinya dari yang tidak ada menjadi ada. Sebab itu, marilah melaksanakan pengutusan Tuhan memberitakan FirmanNya, karena sesuai dengan janjiNya, Dia sendiri akan memampukan kita dan memperlengkapi kita melaksanakan panggilan tersebut.

 Doa  :     Terima kasih Tuhan Yesus Engkau mau memilih kami, mampukanlah kami dan memperlengkapi kami untuk memberitakan firmanMu. Amin. (GT)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 10 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.