Sabtu, 8 September 2018

SALING MENGAMPUNI DAN MENGASIHI

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu (Efesus 4:32)

2 Tim. 2:23-26                  BE. 212:4-5                            Yos. 2:8-14

            Melalui nats ini, rasul  Paulus memberikan tiga nasihat kepada jemaat di Efesus yang juga bagi kita sekarang ini. Pertama, supaya kita selalu bersikap ramah kepada setiap orang. Dengan sikap ramah, kita membuka pintu untuk berkomunikasi dengan orang lain, bukan saja untuk membangun persahabatan dan membi-carakan yang bermanfaat bagi kita, akan tetapi terutama untuk berbagi Firman Tuhan dengan mereka. Firman Tuhan megatakan: “Seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang” (2Tim.2:24).

Nasihat kedua adalah supaya kita penuh kasih mesra, yang dapat ditunjukkan dalam sikap rendah hati, lemah lembut, sabar serta saling membantu dan bertolong-tolongan (Ayat 2). Setiap orang selalu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dengan kasih mesra, seorang yang memiliki kelebihan atau berkecukupan dalam satu aspek kehi-dupan dapat berbagi dengan mereka yang berkekurangan dalam aspek kehidupan yang sama. Dengan demikian, setiap orang bisa menjadi saluran berkat bukan saja kepada orang miskin, akan tetapi juga kepada semua orang.

Nasihat ketiga adalah supaya kita saling mengampuni. Dalam pergaulan sehai-hari, ucapan atau tindakan kita dapat dirasakan menyakiti hati orang lain, walapun tidak ada maksud untuk itu, hanya karena kelemahan menyampaikan dengan tepat atau salah paham atau salah pengertian. Seandainya pun ada faktor kesengajaan, maka kita harus mengampuni mereka, karena Yesus telah melakukan lebih dari itu kepada kita, yaitu rela mati untuk mengampuni dosa-dosa kita.

 Doa   :  Terima kasih Tuhan atas nasehat  hambaMu, supaya kami saling mengampuni dan mengasihi. Amin. (PJS)  

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 8 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.