Jumat, 7 September 2018

BERBUAT BAIK KEPADA SEMUA ORANG

Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang (1 Tesalonika 5:15)

Mat. 25:34-40               BE. 458:1-2                           2 Taw. 10:1-8

            Nats ini adalah bagian terakhir dari Surat Paulus yang pertama kepada jemaat di Tesalonika yang memuat beberapa nasehat dalam rangka menantikan dan menyambut hari kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Tidak ada orang yang tau waktu kedatangan Tuhan Yesus itu. Dia akan datang tanpa pemberitahuan. Oleh sebab itu, jemaat  dinasehatkan supaya selalu berjaga-jaga.

Sambil menantikan kedatangan Tuhan Yesus itu, jemaat diminta untuk hidup selalu dalam damai seorang dengan yang lain, hidup tertib, senantiasa berbuat baik dan bersukacita, tekun berdoa dan mengucap syukur dalam segala hal. Disamping itu, jemaat diminta untuk saling mengingatkan, mendukung yang lemah, dan tidak membalaskan yang jahat dengan yang jahat. Pembalasan adalah hak Tuhan Yesus. Kita justru diminta mendoakan mereka yang berbuat jahat dan berbuat baik kepada mereka supaya mereka mau bertobat.

Nasihat rasul Paulus kepada jemaat ini juga berlaku bagi kita orang-orang percaya sekarang ini. Sebagai anak-anak terang, marilah kita tekun berdoa menantikan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya dengan berbuat baik kepada semua orang, termasuk kepada mereka yang tak henti-hentinya berbuat jahat kepada kita. Kita tidak berhak menghakimi orang lain, karena penghakiman dan pembalasan adalah hak Tuhan Yesus (Ibrani 10:30). Dengan sikap yang demikian, kita telah bersiap diri menyambut kedatangan Tuhan Yesus kapan saja Dia datang memanggil kita naik ke sorga.

Doa  :     Terima kasih Tuhan yang telah menasihati kami selalu berjaga-jaga menantikan kedatanganMu dengan selalu berbuat baik kepada semua orang. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Jumat, 7 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.