Kamis, 6 September 2018

TUNDUKLAH KEPADA TUHAN

Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis (1 Petrus 2:18)

1 Kor. 3:1-9                   BE. 363:8                             Yeh. 20:18-20

            Pesan nats ini kepada kita semua, baik sebagai anak kepada orangtua, bawahan kepada atasan, pekerja kepada pengusaha, maupun hamba kepada tuannya, harus tunduk kepada mereka; artinya patuh dan hormat kepada mereka dengan hati yang tulus; bukan karena terpaksa, karena upah, atau ambil muka. Kita berbuat baik dan tunduk kepada atasan kita mengikuti jejak Yesus yang rela berkorban menjalankan misi penyelamatan dari Allah Bapa.

Hukum Taurat yang ke-5 memerintahkan kita untuk hormat kepada orangtua kita, supaya baik keadaan kita dan lanjut usia kita. Kita diminta untuk mendengarkan didikan mereka dan melaksanakan perintahnya. Demikian juga kita diminta tunduk kepada Pemerintah yang sah, karena mereka telah diberikan wewenang untuk mengatur dan menghukum orang-orang yang berbuat jahat. Dengan tetap berbuat baik, kita telah membungkemkan kepicikan orang-orang bodoh (Ayat 15). Dengan berbuat demikian, maka kita pada dasarnya sudah hidup merdeka, bukan hidup yang menyalahgunakan kemerdekaan.

Tunduk kepada atasan, kepada orangtua dan kepada Pemerintah adalah bagian dari kepatuhan kita tunduk kepada Tuhan, yaitu dengan melaksanakan bagian dari perintahNya. Kita tunduk kepada mereka dalam arti homat dan kasih kepada mereka, dan selalu berbuat baik meneladani Tuhan Yesus. Perbuatan baik kita adalah bukti dari hubungan kita yang baik dengan Tuhan dan bukti kesetiaan kita kepada Tuhan. Kepatuhan kita kepada atasan dan pimpinan kita adalah bukti ketaatan kita melaksanakan perintah Tuhan.

Doa :      Tuhan, ajar dan mampukan kami untuk tunduk dan hormat kepada atasan, orangtua dan pimpinan kami sebagai bukti ketaatan kami melaksanakan perintahMu. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

3 comments to “Kamis, 6 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.