Rabu, 5 September 2018

RANCANGAN TUHAN SELALU BAIK

Rancangan orang jahat adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi perkataan yang ramah itu suci (Amsal 15:26)

1 Yoh. 3:11-18                        BE. 187:3                         Mik. 2:12-13

           Amsal ini menegaskan bahwa rancangan orang jahat adalah kekejian bagi Tuhan. Firman Tuhan menegaskan: “Sebab rancanganKu bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalanKu” (Yesaya 55:8). Tanpa kita sadari, banyak rancangan manusia yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan, bahkan menjadi kekejian bagi Tuhan. Banyak rencana berdasarkan analisis yang matang tidak dapat direalisasikan karena tidak sejalan dengan kehendak Tuhan.

Tuhan menginginkan perkataan yang ramah, karena perka-taan yang ramah itu cenderung menumbuhkan suasana yang damai sejahtera dan mematahkan niat-niat jahat. Walaupun sebenarnya Allah mampu mengubah rencana jahat seseorang menjadi justru menda-tangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia. Banyak rencana di hati manusia, termasuk rencana jahat kepada orang Kristen, dapat menjadi batal karena perkataan yang ramah dan suci. Hal ini telah dibuktikan ketika Sadrach, Mesack, Abednego hendak dibakar di Babel. Ketika mereka dibuang ke liang perapian mereka berkata: “Allah kami akan menyelamatkan kami”. Kesaksian seperti itulah yang dikehendaki Tuhan dan ternyata mereka selamat.

Itu sebabnya Paulus berkata: “Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu mereka yang terpanggil sesuai dengan rencanaNya” (Roma 8:28). Artinya, melalui perkataan yang ramah dari hati yang tulus maka Allah yang menjadi pembela kita, mematahkan segala rancangan jahat dari orang yang memusuhi kita menjadi tidak berhasil, bahkan dapat diubahkan untuk mendatangkan kebaikan bagi kita.

 Doa  :     Tuhan, ajar kami selalu berkata ramah dan suci, supaya kami terhindar dari rancangan orang jahat, dan kami boleh hidup sesuai dengan rancanganMu. Amin.  (ARP)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 5 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.