Selasa, 4 September 2018

RENDAH HATI DAN LEMAH LEMBUT

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu (Ef. 4:2)

Kol. 3:12-17                   BE. 427:1+3                                 Ul. 22:1-4

Di ayat 1 mendahului nats ini, rasul Paulus menasehatkan bahwa hidup kita orang-orang percaya haruslah berpadanan dengan panggilan kita. Kita dipanggil untuk memberitakan Injil supaya seluruh mahluk memuliakan Tuhan, bukan supaya kita terhormat atau mendapat upah. Bukan supaya kita dapat memegahkan diri. Setiap kali kita melakukan pelayanan, kita harus bersyukur karena Tuhan telah berkenan memakai kita menjadi saluran berkatNya; kita harus rendah hati, lemah lembut dan sabar, serta terbuka untuk saling membantu.

Di ayat berikutnya Paulus melanjutkan nasehatnya supaya jemaat di Efesus tetap memelihara persekutuan, karena sebagai orang-orang percaya mereka adalah satu dalam Roh, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, dan satu pengharapan. Walaupun kepada masing-masing diberikan talenta yang berbeda-beda, hal itu dimaksudkan bukan untuk melakukan pembedaan yang seorang lebih hebat atau lebih penting dari yang lain, akan tetapi untuk saling melengkapi dan saling bertolong-tolongan membangun kebersamaan.

Dengan demikian, nats ini juga mengingatkan kita sekarang ini untuk tiga hal. Pertama, bahwa kita telah dipilih Tuhan menjadi anak-anakNya, bukan karena kebaikan dari nenek moyang kita atau orangtua kita atau kebaikan kita sendiri. Kita dipilih menjadi orang-orang percaya hanya karena kasih karunia Tuhan. Oleh sebab itu, kedua, kita harus selalu rendah hati dan lemah lembut, tidak boleh sombong. Ketiga, kita harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan kita dalam Kristus.

Doa  :     Terima kasih Tuhan telah memilih kami menjadi anak-anakMu. Ajar kami untuk rendah hati, lemah lembut dan saling bertolong-tolongan dalam kasihMu. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 4 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.