Sabtu, 1 September 2018

ANAK-ANAK ALLAH DALAM IMAN

Sebab kamu semua adalah anak-anak Allah karena iman di dalam Yesus Kristus (Galatia 3:26)

 Rm. 8:12-17                                BE. 656:2                           1 Kor. 8:12-13

          Waktu umat manusia masih di bawah pengawalan hukum taurat, mereka sebenarnya kehilangan pengharapan, karena ternyata tidak ada seorang manusia pun, kecuali Yesus, yang mampu memenuhi ketentuan hukum taurat.  Semua orang telah jatuh ke dalam dosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Perbuatan dosa ini membatasi hubungan manusia dengan Allah.

Syukurlah Allah sendiri yang membuka diri memperbaiki hubungan manusia dengan Allah. Dia sendiri berkorban dalam diri Yesus menjadi manusia dan memikul dosa-dosa semua umat manusia dengan rela mati di kayu salib. Melalui perngorbanan itu, bukan saja hubungan kita manusia dengan Allah diperbaiki, akan tetapi kita dilayakkan menjadi anak-anak Allah dan pewaris kerajaan sorga. Kasih karunia  keselamatan ini kita terima dengan cuma-cuma, bukan karena perbuatan baik atau kepatuhan kita melaksanakan hukum taurat, akan tetapi semata-mata hanya karena iman bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat umat manusia.

Sebagai anak-anak Allah yang telah ditebus dari perhambaan dosa, kita harus memelihara hubungan kita dengan Allah selalu intim dengan melakukan kehendakNya. Kita tidak terikat lagi kepada ketentuan hukum taurat, tetapi hukum taurat kita perlukan sebagai penuntun untuk melakukan kehendak Tuhan. Sebagai anak-anak Allah, maka kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, maka kita mati untuk Tuhan, karena kita adalah milik Tuhan (Roma 14:8). Sebagai anak-anak Allah, kita mengasihi Dia dengan segenap hati dan jiwa dan akal budi, serta mengasihi saudara kita seperti diri kita sendiri.

Doa  :     Terima kasih Tuhan yang telah menebus kami dari hukuman maut akibat dosa, dan sekarang menjadi anak-anakMu dan pewaris kerajaanMu. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 1 September 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.