RENDAHKANLAH DIRIMU

Dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain didalam takut akan Kristus ( Efesus 5:21)

1 Kor. 3:1-9                              BE 160: 3                     Yeh. 20:18-20

         Syarat mengikut Tuhan Yesus adalah menyangkali diri, memikul salib hari lepas hari. Menyangkali diri berarti ego kita harus turun tahta di dalam hidup kita dan sebagai gantinya Kristus yang bertahta di dalam hati kita. Atau lebih sering disebut seorang Kristen atau pengikut Kristus bukan lagi bersifat egosentris tetapi menjadi bersifat Kristosentris. Seorang pengikut Kristus sudah mengalami perubahan dalam hidupnya. Kalau sebelumnya sangat senang untuk dipuji-puji, disanjung, dihormati atau sangat senang akan hal-hal yang menyenangkan kelakuannya seperti paling hebat, paling baik, paling cerdas dan sebagainya. Sekarang semua pujian dan hormat diarahkan hanya kepada Yesus Kristus yang mengasihinya. Sebab apa yang ada padanya hanya pemberian kasih karunia Tuhan.

Seorang Kristen harus meneladani Yesus yang walaupun Tuhan harus menyangkali diriNya datang sebagai manusia dan harus mati sebagai manusia terkutuk di kayu salib karena kasihNya kepada kita manusia. Penyangkalan diri seperti itulah yang diajarkan Tuhan Yesus kepada kita dalam seluruh aspek hehidupan kita.

Di dalam Yesus Kristus, kita telah menjadi manusia baru dengan karakter yang baru seperti karakternya Tuhan Yesus. Marilah kita pribadi lepas pribadi melihat diri kita masing-masing apakah kita sudah mau merendahkan diri kita seperti yang diminta Tuhan Yesus, di dalam rumah tangga, di tempat kerja, di masyarakat dan di dalam lingkungan gereja kita. Kita diminta sebagai surat Kristus yang dapat dibaca semua orang yang hidup dalam kerendahan hati. Itulah keberadaan kita sehingga nama Yesus dipermuliakan.

Doa:       Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk dapat menyangkali diri kami dan hidup terus di dalam kerendahan hati seperti yang Engkau minta. Amin. (RP)