Kamis, 30 Agustus 2018

TUGAS KRISTIANI

Hormatilah semua orang, kasihilah saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja (1 Petrus 2:17)

1 Yoh. 3:11-14                        BE. 730:1+4                   Mik. 2:12-13

       Ada beberapa tugas rangkuman tugas kristiani. Pertama, hormatilah semua orang. Ketika Petrus  menulis suratnya, hal ini adalah sesuatu  yang sangat baru. Petrus berkata: “Ingatlah hak setiap pribadi manusia dan martabat manusia sebagai benda.” Seorang pekerja bisa diperlakukan  seperti mesin untuk menghasilkan sebanyak-banyaknya. Ketika kita menghargai seseorang hanya karena ia ada untuk melayani kesenangan diri kita, maka akibatnya  kita tidak lagi menghargainya sebagai pribadi, tetapi sebagai barang. Bahaya yang paling tragis ialah kita menghargai mereka yang dapat memberi kenyamanan dan dapat diperlakukan  seperti benda.

Kedua, kasihilah saudara-saudaramu. Komunitas Kristen yang saling menghormati, dapat membuat mereka makin ramah dan akrab, kemudian menjadi saling mengasihi. Suasana dalam gereja seharusnya selalu diliputi oleh kasih. Gereja adalah keluarga Allah  yang lebih besar dan semua jemaatnya harus diikat oleh kasih.

Ketiga, takutlah akan Allah. Penulis Amsal berkata: “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan” (Amsal 1:7). Takut akan Tuhan adalah bagian yang utama dan fondasi pengetahuan yang sesungguhnya. Takut disini bukan berarti teror yang menakutkan, tetapi mengagungkan dan menghormati Tuhan. Kita jangan menghormati manusia sebelum kita menghormati Allah. Hanya ketika Allah diberi tempat yang utama, barulah segala hal akan  berada pada tempatnya yang pantas. Keempat, hormatilah raja. Ajaran Perjanjian Baru bahwa seorang penguasa diutus oleh Allah untuk memelihara keteraturan. Sebagai orang percaya kita harus menghormati dan mengasihi Tuhan serta mengasihi semua orang termasuk para pemimpin kita.

Doa :      Ajar da mampukan kami Tuhan untuk saling menghormati dan saling mengasihi. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Kamis, 30 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.