Jumat, 24 Agustus 2018

JANGAN MENJADI BATU SANDUNGAN

Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: janganlah membuat saudara kita jatuh dan tersandung (Roma 14:13)

Yud. 1:17-21                     BE. 688:1-2                             Est. 9:15-22

           Apa ukuran kehidupan kita sebagai orang percaya? Apakah karena kita rajin beribadah setiap hari Minggu? Atau kita setia memberikan perpuluhan? Mungkin ada yang berpikir bahwa semua keterlibatan kita di dalam Gereja menjadi ukuran bahwa kita telah melakukan kehendak Tuhan. Nats hari ini mengatakan bahwa ukuran yang dikehendaki Tuhan adalah: Jangan menghakimi lagi dan jangan membuat saudara kita jatuh dan tersandung.  Itulah nilai-nilai baru yang harus terlihat dalam kehidupan orang-orang percaya. Nilai-nilai ini akan terlihat dan bisa dirasakan oleh banyak orang, seperti kata Yesus: ”Engkau adalah garam dunia, engkau adalah terang dunia”. Itulah realita hidup yang harus terjadi.

Manusia dunia tidak mampu membuat nilai-nilai kehidupan baru yang indah; kecenderungan hati mereka adalah berbuat jahat. Rasul Paulus berkata: “Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu didalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di didalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik. Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat“ (Roma 7:18-19). Itulah dilemma manusia yang masih dikungkung oleh dosa.

Dalam konflik ini, Rasul Paulus mengatakan: “Aku manusia celaka ! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita“ (Roma 7: 24-25). Kecenderungan manusia yang terus membuat kejahatan dapat dirobah hanya oleh kuasa Tuhan kita, oleh Roh Kudus yang dimateraikan di dalam hati kita (Efesus 1: 13). Oleh karena itu, kita akan mampu menyatakan kasih kepada semua orang dan tidak akan membuat batu sandungan.

Doa : Bapa, ajar kami selalu berhikmat dan hati-hati untuk tidak menjadi batu sandungan bagi orang lain. Amin. (TSH)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.