Rabu, 22 Agustus 2018

MENGASIHI SESAMA

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat (Roma 12:10)

Kis.  2:41-47                    BE. 829:1                           Kej. 23:1-20

          Semua orang yang beriman kepada Yesus Kristus harus menga-sihi sesama saudara seiman, dengan kasih yang sungguh-sungguh, penuh kemurahan, dan kelembutan. Kita harus ikut memperhatikan kesejahteraan, kebutuhan, dan keadaan rohani semua saudara seiman serta ikut merasa simpati dan menolong mereka di dalam kesusahan dan persoalan. Kita harus saling menghormati, menghargai dengan sungguh-sungguh hal-hal yang baik dari sesama orang percaya. Kasih yang dipunyai seorang ibu terhadap anaknya, atau kasih antara saudara sekandung, dan kasih orang-orang yang dibenarkan karena iman. Itulah contoh kasih yang harus kita teladani.

Bagi Rasul Paulus, istilah “saudara seiman” bukan hanya merupakan kiasan saja, tetapi sesungguhnya kenyataan rohani yang harus dicerminkan dalam suasana kehidupan jemaat, yang sudah menjadi sama seperti keluarga yang akrab. Sesama anggota keluarga Allah harus saling menghargai karena sama-sama memiliki karunia dari Allah, walaupun berbeda jenis dan besarannya. Orang percaya harus mengerti pentingnya karunia-karunia yang berbeda itu supaya bisa saling melengkapi. Kita harus sadar bahwa sebagai seorang diri kita kurang lengkap, tetapi dalam kebersamaan, kekurangan seseorang dapat dilengkapi oleh yang lain-lain

Kasih adalah realita kehidupan orang percaya dan itulah yang dkatakan Yesus dalam Matius 5 ayat 43:  ”Kasihilah sesamu manusia”. Realita kasih ini harus tampak dan dirasakan oleh semua orang yang ada di sekitar kita karena kita adalah surat Kristus yang terbuka. Saling mengasihi sesama, membuat kehidupan ini indah dan damai.

Doa :      Tuhan, ajarlah kami untuk saling mengasihi sesama saudara dan saling mendahului memberi hormat, supaya kami hidup aman dan damai. Amin. (TS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.