Selasa, 21 Agustus 2018

BERBUATLAH BAIK BAGI SEMUA ORANG

Saudaraku yang kekasih, engkau bertindak sebagai orang percaya, dimana engkau berbuat segala sesuatu untuk saudara-saudara, sekalipun mereka adalah orang-orang asing (3 Yohanes 1:5)

Gal.  6:9-10                           BE. 725:3                               1 Raj. 8:41-43

          Kita telah sering mendengar ungkapan jika engkau bekerja bekerjalah untuk kepentingan orang banyak, bukan untuk dirimu sendiri. Artinya jangan egois hanya melihat dan mementingkan kepentingan sendiri atau keluarga, tetapi lihatlah juga kepentingan orang lain. Itu sama dengan seorang kakek yang sakit-sakitan menanam pohon kelapa di ladangnya. Bagi banyak orang hal itu terlihat bodoh karena untuk dapat menikmati buah kelapanya tentu harus menunggu lama sampai bertahun-tahun, sementara si kakek diperkirakan hidupnya tidak lama lagi.

Ketika si kakek ditanyakan tentang hal itu, maka ia menjawab: “Memang aku tidak akan merasakan lagi buah kelapa ini, tapi aku yakin anak-anakku, cucu-cuku dan saudara-saudaraku serta banyak orang yang tidak aku kenal akan menikmati buahnya kelak. Itulah yang kukehendaki dari pekerjaanku yang melelahkan ini”.

Nats ini mengingatkan untuk selalu berbuat baik kepada semua orang, bukan hanya kepada keluarga atau orang yang kita kenal saja. Kita berbuat baik bukan untuk mengharapkan suatu balasan mereka berbuat baik kepada kita. Kita berbuat baik kepada orang lain sebagai bukti bahwa kita mengasihi mereka. Kita mengasihi orang lain sebagai bagian dari kita mengasihi Tuhan yang telah terlebih dahulu mengasihi kita. Yesus berkata: “Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya” (Yoh. 15: 12).

Doa:       Tuhan, ajarlah kami  untuk selalu berbuat baik bagi semua orang, sebagai buah dari iman kami untuk mengasihi Engkau dan sesama manusia.  Amin. (LHM)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Selasa, 21 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.