Sabtu, 18 Agustus 2018

MENJADI MURID YESUS YANG SETIA

Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya (Markus 9:50)

Kis. 18:9-17                        BE. 481:3                               Kej. 26:1-5

Nats Firman Tuhan ini adalah kelanjutan dari pembicaraan Tuhan Yesus dengan murid-muridNya. Murid-murid Yesus sendiri ternyata belum sepenuhnya mengerti akan missi Yesus. Mereka menganggap bahkan mengharapkan Yesus sebagai pemimpin secara lahiriah atau kedagingan. Itu sebabnya Yesus menekankan bahwa setiap pengikut Yesus jangan menjadi batu sandungan bagi orang lain, bahkan harus melakukan kebaikan kepada semua orang, berperan seperti garam dunia membuat suasana enak dan disukai.

Garam memberikan rasa enak dan berperan meningkatkan daya tahan supaya tahan lama tidak cepat busuk. Dalam bahasa Yunani-nya, kata “digarami” dikaitkan dengan pemberian kurban kepada Tuhan sekaligus tanda sebuah perjanjian kekal. Di Bilangan 18 ayat 19 dikatakan bahwa: ”Perjanjian garam untuk selama-lamanya di hadapan Tuhan”. Demikian juga di 2 Tawarikh 13 ayat 5 dikatakan: ”Tuhan Allah Israel telah memberikan kuasa kerajaan atas Israel kepada Daud anak-anaknya untuk selama-lamanya dengan suatu perjanjian garam”, artinya untuk waktu yang sangat lama.

Tuhan telah menaruh perjanjian kekal-Nya bagi kita di dalam Kristus. Melalui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib, kita telah dibuat menjadi garam dan memperoleh hidup kekal. Sebagai garam dunia, kita harus menaburkan garam itu kepada semua orang, agar mereka memiliki rasa dan makna, mempunyai daya tahan yang kuat mengatasi pembusukan karena nafsu-nafsu kedagingan dan kuasa-kuasa dunia ini.  Dengan tetap menempelkan diri kepada Tuhan Yesus, peran kita sebagai garam tidak pernah menjadi hambar.

Doa:       Tuhan, bentuklah kami menjadi muridMu yang setia, sebagai pembawa damai, cinta kasih dan pengampunan untuk menggarami dunia ini. Amin. (LPH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 18 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.