Jumat, 17 Agustus 2018

TUHAN MENENTUKAN JALAN HIDUP KITA 

Langkah orang ditentukan oleh Tuhan, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya? (Amsal 20: 24)

1 Kor. 1: 10-17                 BE. 459: 1-2                       Kej..31: 36-45

          Salomo percaya bahwa kasih setia Tuhanlah yang menentukan dirinya diurapi menjadi raja Israel menggantikan ayahnya raja Daud. Salomo patuh dan taat terhadap pesan terakhir ayahnya yaitu melakukan kewajibannya dengan setia kepada Tuhan dan hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya (1 Raja 2:3). Tuhan memberikan kepada Salomo hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga Salomo terkenal sebagai seorang raja yang sangat bijaksana.

Nats ini adalah amsal atau nasehat Salomo sebagai peri-ngatan kepada manusia, bahwa hidup seseorang itu ditentukan oleh Tuhan. Dengan demikian setiap orang hendaklah percaya bahwa jalan hidupnya telah ditentukan Tuhan sehingga  apapun dan bagaimanapun keberadaannya tetaplah mengucap syukur. Bagi mereka yang berhasil dalam hidupnya hendaklah tidak menjadi sombong dan mereka yang merasa kurang berhasil jangan berkecil hati. Amsal Salomo mengajak kita untuk percaya bahwa Tuhan telah menentukan jalan hidup masing-masing sehingga tidak perlu ada kecemburuan antara yang satu dengan lainnya. Yang penting setiap orang melakukan panggilannya dengan setia dan bertanggung jawab sesuai firman Tuhan

Hari ini merupakan hari bahagia bangsa Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan RI yang ke 73. Tuhan yang menentukan  Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, yang telah menga-lami penjajahan selama 350 tahun lebih. Kita harus bersyukur atas anugerahNya kepada bangsa ini dan berdoa agar keutuhan NKRI mendapat perlindungan Tuhan. Seluruh warga masyarakat, hendaklah berperan aktif dan berkomitmen agar bangsa Indonesia tetap bersatu.

 Doa:       Tuhan, hari ini kami berbahagia merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 73. Kami mohon berkat dan bimbinganMu agar bangsa ini tetap utuh. Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.