Senin, 13 Agustus 2018

KASIH SEBAGAI PENGIKAT KESATUAN

Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu, perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian (1 Timotius 5:1-2)

Rm. 13:8-14                              BE. 640:2                       Ams.  3:27-35

           Pada umumnya kita sungkan menegor seseorang yang mela-kukan kesalahan atau kekeliruan, apalagi orang yang lebih tua atau lebih senior dari kita. Namun kalau kita biarkan, kesala-hannya dapat berakibat buruk kepadanya atau bahkan kepada kita juga. Itu sebabnya Tuhan sendiri memerintahkan kita untuk menegor orang yang melakukan kesalahan atau dosa supaya dia bertobat. Bila tidak kita tegor, Tuhan akan meminta pertanggungjawaban dari kita.

Pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara kita menegor mereka supaya diterima dalam sukacita dan dilaksanakan? Nats ini membimbing kita yaitu kepada orangtua atau yang lebih senior, berbahasa lembut dan hormat seperti kepada seorang bapa; kepada orang muda seperti kepada saudara; kepada perempuan sebagai seorang ibu, dan kepada seorang perempuan muda sebagai seorang adik. Intinya, kita menegor seseorang di dalam kasih dengan bahasa lembut dan murni seperti kepada anggota keluarga.

Jadi ketika kita menegor kesalahan seseorang, lakukanlah dengan motivasi yang positif dan dengan hati yang tulus, bukan sekedar mengungkapkan kesalahannya. Tegoran yang kita berikan harus tepat sasaran, sehingga orang yang kita tegor sadar akan kesalahannya dan mau berubah menjadi lebih baik. Tuhan mengi-nginkan anak-anakNya hidup dalam kebenaran dan meninggalkan dosa-dosanya serta mengikut Tuhan dengan lebih sungguh.

 Doa:       Tuhan, bimbing dan mampukan kami menegor orang lain yang melakukan kesalahan dengan penuh kasih sayang supaya mereka bertobat. Amin.  (DEL)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 13 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.