YESUS BENAR-BENAR MEMERDEKAKAN KITA

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka (Yohanes 8:36)

Rm. 6:15-18                                 BE. 417:1                      Ul. 15:12-18

         Nats ini juga menjelaskan bahwa ada dua kelompok manusia. Kelompok pertama, manusia yang merdeka atau dimerdekakan oleh Yesus Kristus ialah manusia yang sungguh-sungguh percaya kepada Yesus Kristus. Ia telah diselamatkan, ia merdeka dan tidak lagi dikuasai oleh dosa (Yoh. 3:16). Kelompok kedua, manusia yang hidup menurut keinginan daging, tabiat berdosa, mengikuti jalan dunia, menaati penguasa kerajaan angkasa. Orang itu tidak merdeka karena berada di bawah kuasa dosa (Efs. 2:1-2).

Sebenarnya kita juga dahulu semua termasuk di antara mereka. Semua orang berdosa. Tidak ada yang benar, seorangpun tidak (Roma 3:10). Upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus Tuhan kita (Roma 6:23). Jadi orang yang sungguh-sungguh percaya yang memiliki keselamatan dalam Kristus dibebaskan dari kuasa dosa dan penghukuman, selanjutnya menjadi hamba Tuhan dalam kebenaran (Roma 6:17-18).

Maka setiap orang percaya, termasuk saudara dan saya, sudah menjadi anak-anak Allah. Sadarilah kata Yesus: ”Akulah terang dunia, barangsiapa mengikut Aku, ia tak akan berjalan dalam kege-lapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup (Yoh. 8:12). Sebagai orang percaya, kita memang tidak otomatis bebas dari pergumulan, kita harus terus berjuang melawan tekanan-tekanan dunia, tabiat dosa dan iblis. Keinginan daging berlawanan dengan keinginan roh. Untuk itu kita harus kuat di dalam Tuhan, dengan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah. Marilah selalu hidup bersama Kristus Yesus, karena bersama Kristus selalu ada solusi.

Doa:       Segala puji syukur kami haturkan ke hadiratMu yang kudus Tuhan, yang telah benar-benar memerdekakan kami dari perhambaan dosa.  Amin. (SS)