Rabu, 8 Agustus 2018

HAMBA ALLAH YANG KUDUS MEMPEROLEH KEHIDUPAN KEKAL

Tetapi sekarang, s etelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal (Roma 6:22)

Rm 8:18-25                     BE. 209:1                            Mzm. 34:19-23

           Paulus dalam nats ini menyatakan bahwa orang percaya yang bertobat dan yang dimeteraikan dengan oleh baptisan,  serta telah mengabdikan dirinya menjadi hamba Allah yang kudus, maka ia akan memperoleh kehidupan yang kekal. Hidup kekal adalah pemberian Allah, bukan sesuatu yang bisa kita peroleh dengan usaha kita, dan bukan pula yang harus dibayar kembali. Pemberian berupa hadiah tidak perlu dibeli atau dibayar oleh si penerima. Renspon yang lebih tepat dari seorang yang dikasihi menerima suatu pemberian  atau hadiah adalah menerima hadiah tersebut dengan penuh ucapan terimakasih. Keselamatan kita adalah pemberian Alllah oleh iman, bukan sesuatu hasil usaha kita sendiri (Efs. 2:8-9).

Paulus juga menasehatkan kita menjaga agar dosa tidak berkuasa di dalam tubuh kita yang fana ini, supaya kita tidak lagi menuruti keinginan daging (Ayat 12). Maka langkah-langkah yang kita diambil supaya terhindar dari perhambaan dosa adalah: (1) Mengenali kelemahan kita sendiri; (2) Mengenali hal-hal yang menggoda kita; (3) Menjauhi sumber-sumber godaan; (4) Mengendalikan diri; (5) Secara sadar mmenggunakan waktu-waktu kita dalam kebiasaan yang baik; (6) Bersandar pada kekuatan dan kasih karunia Allah.

Hidup baru merupakan fakta yang harus terjadi dalam kehidupan orang percaya, pembaharuan ini dilakukan oleh kuasa Roh Kudus yang membuat kehidupan kita berbeda dengan dunia ini.

Doa  :     Tuhan Yesus jadikan kami menjadi hamba yang kudus untuk melaksanakan firmanMu dengan taat sehingga kami kelak memperoleh kehidupan yang kekal. Amin. (TDLB)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 8 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.