Selasa, 7 Agustus 2018

 

DIMERDEKAKAN OLEH KEBENARAN

Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu (Yohanes 8:32)

Yak. 1:22-25                         BE.183:1                        Mzm. 146:6-10

           Nats ini adalah bagian dari penjelasan Tuhan Yesus kepada orang-orang Yahudi dan menyatakan bahwa setiap orang dapat dimerdekakan hanya oleh kebenaran Firman Tuhan. Mendengar pernyataan Yesus itu, mereka merespon dan mengatakan bahwa mereka adalah keturunan Abraham, otomatis bangsa Allah, dan tidak pernah diperhamba oleh siapapun, sehingga tidak perlu dimerdekakan. Namun Yesus menjelaskan bahwa setiap orang yang melakukan dosa telah diperhamba dosa, dan oleh sebab itu perlu dimerdekakan.

Melalui pengajaran itu, Yesus mau menyatakan bahwa setiap orang telah berbuat dosa dan telah diperhamba oleh dosa, baik Yahudi maupun non Yahudi, semuanya telah kehilangan kemuliaan Allah. Oleh sebab itu, demi keadilan Allah, semua orang berdosa patut mendapat hukuman maut. Kutuk dosa itu dapat ditebus hanya melalui pengor-banan Orang benar yang tidak pernah melakukan dosa, yaitu Tuhan Yesus sendiri. Yesus yang tidak mengenal dosa itu rela mati disalibkan sebagai tebusan atas dosa-dosa manusia, dan untuk memerdekakan mereka dari perbudakan dosa-dosa mereka.

Firman itu adalah Allah, menjadi manusia dalam Tuhan Yesus (Yohanes 1:1-14). Dia korban upah dosa kita, di kayu salib, agar kita dimerdekakan dari perhambaan dosa. Sebagai orang yang telah merdeka, kita berhak tinggal bersama Yesus di rumahNya untuk tidak diperhamba dosa lagi. Setiap orang merdeka terpanggil untuk membe-ritakan kebenaran Firman Allah, supaya semakin banyak orang yang dimerdekakan oleh darah Tuhan Yesus dan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat dunia. 

Doa :      KebenaranMu ya Tuhan, yang memerdekakan kami, sehingga bebas melakukan yang baik, bukti kesetiaan kami kepadaMu. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.