Sabtu, 4 Agustus 2018

MELAYANI SESUAI DENGAN KARUNIA         

Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing (Roma 12:3)

Mat. 19:16-26                    BE. 792:1+5                        Ams. 28:19-25

         Rasul Paulus dalam Roma pasal 12 ini mengajarkan tentang cara kehidupan orang Kristen serta bentuk pelayanan masing-masing sesuai dengan karunia Tuhan yang dimilikinya. Ukuran utama dalam mempersembahkan hidup kita kepada Tuhan adalah kehidupan kita yang benar dan kudus. Rasul Paulus menggambarkan itu seperti:  Imam Besar Bait Allah yang mempersembahkan korban di hadapan Allah, korban yang sempurna dan tidak bercacat. Itulah yang dikatakan Paulus: “Aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan berkenan kepada Allah; itulah ibadahmu yang sejati “ (Ayat 1).

Kita telah dikuduskan oleh darah Yesus sehingga kita layak untuk melayani sesuai dengan karunia kita masing-masing. Karunia yang dianugerahkan oleh Tuhan dalam berbagai pelayanan adalah:  “ bernubuat, melayani, mengajar, menasehati, membagi-bagikan sesuatu, pimpinan dan  kemurahan (Ayat 6-8 ).  Melalui karunia ini kita masing-masing membangun dan mempertajam karunia yang diberikan Tuhan kepada kita sehingga Gereja terus bertumbuh dan berkembang.

Biarlah melalui karunia yang kita peroleh sesuai dengan kasih karunia Tuhan dalam pelayanan, kita tidak lagi memikirkan karunia-karunia lain yang bukan anugerah Tuhan kepada kita. Melalui karunia tersebut, kita dimampukan memberitakan Injil hingga ke ujung bumi.

Doa :      Terima kasih Tuhan telah memperlengkapi kami dengan kasih karuniaMu. Ajar kami melayani Engkau dan sesama sesuai dengan kehendakMu. Amin. (TSH)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 4 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.