Jumat, 3 Agustus 2018

MENGUASAI DIRI DAN HIDUP TENANG

Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa (1 Petrus 4:7)

Gal. 5:22-26                              BE. 487:1                               Mik. 6:9-13

            Dalam nats ini terdapat kebenaran yang sangat pribadi dan tidak   terelakkan. Bagi kita masing-masing waktunya sudah dekat. Setiap orang pasti mengalami kematian walau tidak tahu waktunya. Kita tidak dapat mengetahui hari dan jam kita menghadap Dia. Oleh karena  itu keseluruhan kehidupan kita berada dalam bayang-bayang keabadian. Akhir segala sesuatu telah dekat, kata Petrus. Para  pemikir mula-mula mungkin keliru jika mereka berfikir bahwa akhir dunia ini sudah dekat. Akan tetapi mereka telah memberikan kita peringatan bahwa bagi kita secara pribadi akhir itu telah dekat.

Ketika seseorang menyadari bahwa kedatangan Yesus Kristus telah dekat, ia berkomitmen untruk menjalani cara hidup yang baik. Dengan berdasar itulah Petrus  menganjurkan: (1) Kita harus mengu-asai diri supaya bisa hidup tenang berdoa dan berserah kepada Tuhan. Ciri-ciri pokok kewarasan itu ialah mampu melihat dan membedakan hal-hal yang penting dan tidak penting. (2) Kita harus tenang dalam pikiran dengan memelihara ketenangan hati. Hidup orang Kristen harus bertanggungjawab dan tidak boleh sembarangan. (3) Kita harus saling mengasihi dengan kasih Kristiani, kasih yang tak pernah berhenti.

Ukuran kehidupan seorang Kristen kata Yesus adalah: Menjadi garam dan terang dunia dan akibatnya mereka disukai oleh semua orang. Garam harus berpenetrasi dan larut supaya dapat memberikan rasa dan menjaga tidak busuk. Sebagai terang, kita harus mampu membawa mereka dari kegelapan ke terang Kristus. Itulah yang harus terjadi menjelang akhir zaman ini.

Doa  :     Bapa, ajar kami untuk menguasai diri kami, supaya kami dalam keadaan tenang berdoa dan berserah kepadaMu, saat Engkau memanggil kami.  Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Jumat, 3 Agustus 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.