MULIAKANLAH TUHAN

Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah

(1 Korintus 10:31)

Luk.12:16-21                      BE. 312:2                               Kej. 3:1-7

              Tuhan menjadikan manusia supaya ada rekan sekerjanya. Tuhan menciptakan manusia untuk melakukan semua yang diperin-tahkan Tuhan kepada kita. Tuhan telah menganugerahkan berkat jasmani dan rohani kepada kita dalam Yesus Kristus. Tuhan juga memberikan talenta yang sangat beraneka ragam kepada kita masing-masing. Maing-masing kita menerima talenta yang luar biasa dari Tuhan karena memang kita  diciptakan Tuhan secara ajaib dalam rahim ibu kita. Kepada kitapun diberi kebebasan untuk mengembangkan, menggunakan setiap berkat Tuhan yang kita terima itu.

                Tetapi nats hari ini memberikan kepada kita rambu-rambu untuk menggunakan setiap berkat atau talenta yang kita terima. Kita boleh makan tetapi saat kita makan itu harus Tuhan yang dimuliakan. Kita boleh minum, tapi harus nama Tuhan yang kita muliakan. Kita boleh bekerja tetapi harus nama Tuhan yang dimuliakan. Kita boleh berpesta tapi harus nama Tuhan yang dimuliakan. Kita boleh benyanyi tetapi harus nama Tuhan yang dimuliakan. Kita boleh berkotbah tetapi harus nama Tuhan yang dimuliakan. Kita boleh melayani orang lain tetapi harus nama Tuhan yang dimuliakan.

                Artinya dalam melakukan semua hal, harus nama Tuhan yang dimemuliakan. Walau kita melakukan yang baik, tetapi bukan sebagai ucapan syukur kita kepada Tuhan Yesus atas berkatNya yang telah kita terima, itu tidak memuliakan Tuhan. Kita melakukan yang baik dengan harapan dipuji orang, itu bukan memuliakan Tuhan, tetapi mencuri kemuliaan Tuhan. Motivasi kita melakukan yang baik haruslah karena Tuhan telah berbuat baik kepada kita dan untuk memuliakan Tuhan.

 Doa  :     Tuhan, tolonglah kami untuk dapat melakukan segala sesuatu hanya untuk memuliakan Tuhan saja. Amin. (RP)