Sabtu, 28 Juli 2018

PANGGILAN DAN PILIHAN ALLAH

Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia (2 Petrus 1:4)

 Ibr. 10:32-35                BE. 417:1+3                           Pkh. 11:1-8

           Tujuan surat Petrus yang kedua ini adalah terutama untuk mengingatkan orang-orang Kristen waspada terhadap guru-guru palsu dan mendorong mereka untuk bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Yesus Kristus. Sebelum nats di atas Petrus dalam suratnya mengemukakan bahwa: “Karena kuasa illahiNya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita  oleh kuasaNya yang mulia dan ajaib” (Ayat 3).

                Kekuatan untuk menjalani kehidupan yang saleh berasal dari Allah. Karena kita tidak memiliki kemampuan untuk benar-benar saleh, Allah mengijinkan kita untuk mengambil bagian dalam kodrat ilahi untuk menjauhkan kita dari dosa dan menolong kita untuk hidup bagi Dia. Surat Petrus memberikan gambaran Yesus Kristus sebagai berikut: (1) Dialah Kristus yang berkuasa; `(2) Dialah Kristus yang murah hati; (3) Dialah Kristus yang dijanjikan Allah membawa keselamatan; (4) Dialah Kristus yang olehNya kita luput dari kebinasaan akibat dosa; (5) Dialah Kristus yang menjadikan kita pewaris kerajan Sorga.

                Nats ini mengingatkan bahwa kita telah menerima anugerah keselamatan, dan sebab itu kita dalam iman harus selalu mengan-dalkan dan mengagungkan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru-selamat kita. Dan kepada iman, kita tambahkan kebajikan, penge-tahuan, penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, serta kasih kepada saudara-saudara dan kepada semua orang.

 Doa  :     Tuhan, terima kasih telah menganugerahkan kepada kami keselamatan, dan menerima kami menjadi anak-anakMu serta menjadi pewaris kerajaanMu. Amin. (TDLB)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 28 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.