Kamis, 26 Juli 2018

SALING MENGUATKAN HATI PENGINJIL

Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku (2 Timotius 1:4)

Yak. 1:12-18                  BE. 725:3                                Ayb. 11:3-8

           Surat Rasul Paulus yang kedua ini dimaksudkan untuk meneguhkan hati Timoteus dalam melanjutkan pelayanannya di Efesus, setelah beberapa lama ditinggalkan Paulus. Paulus memahami kejiwaan Timoteus  sebagai orang yang berusia relatif muda, tidak mudah melanjutkan pelayanan dimaksud, karena harus menghadapi berbagai ajaran sesat. Untuk menghadapi hal itu, Timoteus terkadang harus mencucurkan air mata. Dan untuk itu, Paulus tidak pernah lupa mendoakan Timoteus, siang dan malam.

                Dalam rangka mengobarkan kembali semangat Timoteus untuk melayani, Paulus mengingatkan akan iman Timoteus yang tulus ikhlas, seperti iman neneknya Lois dan semangat ibunya Eunike. Lebih lanjut Paulus meminta Timoteus mengobarkan karunia Allah yang ada padanya, yaitu Roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan keter-tiban. Sebab itu jangan malu bersaksi memberitakan Injil. Tuhan yang memanggil untuk memberitakan InjilNya, maka Ia pasti memberikan kekuatan berdasarkan maksud dan karuniaNya sendiri. Timoteus tidak perlu takut, karena Tuhan yang mempercayakan tugas memberitakan Injil itu kepada semua orang, maka Tuhan pula yang menguatkannya.

                Dari nats ini para hamba Tuhan dan Penginjil dapat belajar meneladani Rasul Paulus, untuk saling mendoakan dan saling mendukung. Yang lebih senior dan lebih berpengalaman berbagi pengalaman dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Yang relatif muda dan kurang berpengalaman, mohon dukungan doa dan bimbingan dari yang lebih senior, dengan tetap mengobarkan semangat melayani tanpa rasa malu dan enggan.

 Doa  :     Tuhan, bimbing kami hambamMu dan para penginjil untuk saling mendukung dalam pelayanan. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis, 26 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.