Rabu, 25 Juli 2018

MENGUASAI DIRI DALAM SEGALA HAL

Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal (Titus 2:6)

Mzm. 62:10-13                   BE. 140:3                     Ams. 22:22-29

           Tuhan menginginkan agar kita sebagai orang percaya mampu menguasai diri dalam segala hal.  Dikatakan dalam Galatia 5:22:  ”Buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah-lembutan dan penguasaan diri.” Artinya, penguasaan diri harus tampak dalam keseharian kehi-dupan kita sebagai bukti bahwa kita adalah pengikut Kristus.

                Dalam nats ini secara khusus ditekankan perlunya nasehat kepada  pemuda, agar mereka mampu menguasai diri dalam segala hal. Firman Tuhan dalam Mazmur 119:9 berkata: ”Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan FirmanMu.” Untuk itu sangat diperlukan masukan berupa pengajaran yang baik dan benar kepada pemuda, baik berupa penyampaian Firman Tuhan, perkataan yang bijak dan keteladanan, yang dapat membentuk karakter dan landasan hidup yang kokoh bagi masa depan mereka.

                Melalui Firman Tuhan ini, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menasihati pemuda, agar berhasil maksimal, yaitu: (1) Sebagai ayah hendaklah kita hidup sederhana, terhormat, bijaksana, sehat dalam iman, kasih dan ketekunan (Ayat 2); (2) Sebagai ibu hendaklah hidup sebagai orang yang beribadah, jangan memfitnah, jangan menjadi hamba anggur, tetapi cakap mengajarkan hal-hal yang baik, mendidik perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya (Ayat 3-5); (3) Sebagai penasehat, kita sendiri harus menjadi teladan, jujur dan tidak bercela (Ayat 7-8).  

 Doa  :     Tolong kami Roh Kudus untuk mampu menguasai diri kami dalam segala hal, agar kami mampu menasihati para pemuda melakukan  hal yang sama. Amin. (TAS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 25 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.