Selasa, 24 Juli 2018

BUAH PERTOBATAN

Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: “Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes kepada mereka: “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu.” (Lukas 3:14)

1 Kor. 10:23-28             BE. 248:1+4                        Kej. 34:18-24

         Yohanes Pembaptis lahir di tengah keluarga Imam Zakharia dan Elisabet untuk membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka. Yohanes berjalan mendahului Tuhan Yesus. Yohanes pembaptis pergi ke seluruh daerah Yordan dan  berseru: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu” (Luk. 3:3). Nubuatan Nabi Yesaya di abad ke-6 SM telah digenapi, yaitu bahwa Yohanes Pembaptis menyerukan setiap orang melakukan pertobatan dan meratakan jalan untuk menyambut datangnya Tuhan Yesus (Yes. 40:3-5).

        Yohanes menyerukan melakukan pertobatan untuk memper-oleh keselamatan yang dibawakan oleh Tuhan Yesus. Pertobatan adalah meninggalkan sikap-sikap dengan sikap-sikap baru, dari sikap yang mementingkan diri sendiri menjadi saling mengasihi dan mau berbagi, jujur dan tidak menyalahgunakan kewenagan, tidak merampas dan memeras hak orang lain, tidak korupsi. Kepada orang banyak diminta untuk berbagi menolong yang tidak punya dan yang lapar. Kepada pemungut cukai diminta untuk tidak menagih lebih banyak dari yang patut. Dan kepada prajurit diminta untuk tidak merampas dan memeras, serta mencukupkan diri dari gajinya, artinya tidak korupsi.

        Buah pertobatan seperti itu juga yang diminta dari kita sekarang ini: Saling berbagi dan saling mengasihi, jujur dan tidak menyalahgunakan kesempatan, tidak merampas dan memeras orang lain, hidup dari dan mensyukuri berkat Tuhan yang kita terima. 

 Doa  :     Tuhan, tolonglah kami melalui Roh Kudus supaya kami hidup menghasilkan buah-buah pertobatan demi Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan kami. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Selasa, 24 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.