Senin, 23 Juli 2018

MAMPU MEMBEDAKAN KEHENDAK ALLAH

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Roma 12:2)

Efs. 4:17-24                     BE. 404:3                           2 Taw. 1:7-12

          Ada orang yang biasa ikut-ikutan. Adaptif terhadap lingkungan. Lingkungan yang buruk akan menghasilkan perilaku buruk. Pecandu narkoba pada awalnya bergaul dengan para pengguna narkoba, kemudian coba-coba dan akhirnya ketagihan. Untuk memenuhi ketagihannya, dia pun mencari apa yang dapat ditukar dengan narkoba. Lama-lama terpaksa menjadi pengedar narkoba tanpa memperhitungkan hukuman mati bagi pengedarnya. Lingkungan yang koruptif, memotifasi seseorang berbuat korupsi, diawali dengan korupsi kecil-kecilan. Lama-lama menjadi kebal dan korupsi besar. 

Oleh karena itu, untuk menjaga keluarga dan anak-anak kita dari perbuatan yang buruk, mereka perlu mengenali dan memahami segala sesuatu yang dikehendaki Tuhan. Dengan demikian kita dapat menguji lingkungan, komunitas pergaulan dan kelompok masyarakat yang kita temui dalam kehidupan ini, baik atau tidak baik untuk kita ikuti, supaya tidak menjerumuskan kita ke lingkungan yang buruk.

Kita dan anak-anak kita sebaiknya bergaul, berteman dan bersosialisasi dengan orang-orang berbudi, yang banyak bergaul dengan firman Tuhan, supaya kita memiliki karakter dan lebih mengerti dan mengenal kehendak Allah. Seperti Salomo, kita juga minta karunia hikmat dan pengertian dari Tuhan, supaya kita menjadi orang yang bijaksana, mengetahui yang baik dan buruk, mampu membedakan segala yang baik yang sesuai dengan kehendak Tuhan untuk kita laksanakan dan segala yang buruk untuk kita hindari.

 Doa  :     Jauhkan kami Tuhan dari pergaulan buruk dan lingkungan yang buruk. Ajar kami untuk mengetahui dan melaksa-nakan semua yang sesuai kehendakMu. Amin. (DSim)

 

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.