Sabtu, 21 Juli 2018

JANGAN BERTINDAK JAHAT TERHADAP ORANG LAIN

Janganlah engkau memeras sesamamu manusia dan janganlah engkau merampas; janganlah kautahan upah seorang pekerja harian sampai besok harinya

(Imamat 19:13)

2 Tim.3:1-5                  BE. 123:3                            Yer. 22:13-17

           Nats mengingatkan kita untuk tidak melakukan tiga bentuk keja-hatan yaitu: Tidak memeras orang lain, tidak merampas hak orang lain, dan tidak menahan upah pekerja. Berita mengenai kasus-kasus seperti itu banyak kita temukan sekarang ini, baik secara lansung dari korban maupun melalui media sosial. Kita juga dapat bertemu dengan para pelaku kejahatan yang sudah tertangkap di rumah tahanan atau di penjara atau Lembaga Pemasyarakatan.

             Pemerasan dan perampasan termasuk tindak pidana yang dapat dihukum penjara sesuai dengan bobot atau tingkat kejahatannya. Tindakan tersebut bukan saja merugikan korban, akan tetapi dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa ketakutan bagi masyarakat umum. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada terhadap pelaku tindakan kekerasan seperti itu dan menghindarkan diri dari mereka. Kita juga mengharapkan para aparat Negara dengan lebih intensif untuk mengawasi para pelaku pemerasan dan perampasan tersebut.

             Berita kasus penahanan upah sering kita dengar di perusa-haan-perusahaan sektor informal dan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Luar Negeri, terutama di Malaysia dan Timur Tengah. Di antara TKI ini, banyak juga yang mengalami kasus perampasan dan pemerasan, baik waktu berangkat maupun waktu mereka kembali dari luar negeri. Nats ini menekankan bahwa anak-anak Tuhan tidak boleh melakukan tindakan kejahatan seperti itu, serta terpanggil untuk membela mereka yang tertindas.

Doa  :     Tuhan, ingatkan kami selalu untuk tidak melakukan kejahatan kepada orang lain. Amin. (LHM)

 

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.