Jumat, 20 Juli 2018

MEMELIHARA HARI PERHENTIAN

Enam harilah lamanya engkau bekerja, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah engkau berhenti, dan dalam musim membajak dan musim menuai haruslah engkau memelihara hari perhentian juga (Keluaran 34:21)

Ams. 6:6-11              BE. 10:1+3                                  Ul. 15:1-9

          Bagi jemaat HKBP nats ini adalah Hukum Taurat yang ke-empat, yang mengatakan: “Ingat dan kuduskanlah hari Sabat. Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu, maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan” dan seterusnya. Allah menghendaki supaya kita fokus beribadah pada setiap hari Minggu, walaupun setiap hari  pada dasarnya kita bisa beribadah. Kita memer-lukan satu waktu dan kesempatan untuk beribadah bersama, yakni berhimpun bersama untuk mendengar dan memperhatikan Firman Allah, lalu memuji Allah, bernyanyi dan berdoa bersama.

                Sayang tidak semua orang Kristen memahami pentingnya melakukan persekutuan dan ibadah bersama pada hari Minggu itu. Banyak orang Kristen yang merasa cukup sendiri mendengar khotbah melalui Televisi tanpa persekutuan. Di pihak lain, banyak orang Kristen yang mengisi hari Minggu itu dengan berbagai kegiatan seperti arisan, reuni, pesta ulang tahun dan lain-lain, kadang-kadang sampai larut malam, menjadi lebih sibuk dari hari-hari kerja biasa. Akibatnya, esensi dan makna ibadah kurang dirasakan dan kurang diresapi, dan tidak membawa dampak yang berarti pada kehidupan sehari-hari.

                Nats hari ini mengingatkan kita kembali untuk menguduskan hari Sabat itu, artinya melakukan kegiatan-kegiatan yang kudus atau bersifat ibadah. Atas kesepakatan bersama, hari Minggu itu dapat juga diisi dengan kegiatan pembelajaran atau pendalaman Firman Tuhan bagi kelompok-kelompok kategorial.

 Doa  :     Tuhan, ingatkan kami selalu melakukan persekutuan atau   ibadah setiap hari Minggu. Amin. (PJS)

   

About the author: bksmarturia

4 comments to “Jumat, 20 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.