Rabu, 18 Juli 2018

MENGUMPULKAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT

Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya

(Amsal 13:11)

Mat. 25:14-23                     BE. 170:1+6                      Pkh. 2:22-26

           Kita berada di jaman modern yang semuanya serba instan, terjadi secara cepat. Pesan makanan secara cepat, menu-runkan berat badan secara cepat, kaya secara cepat, semuanya serba instan. Ternyata banyak dampaknya. Makanan yang serba instan bisa menumbuhkan penyakit. Untuk menjadi kaya secara instan, tergoda mengikuti bisnis tipuan yang dibungkus dengan janji-janji instan, akhirnya tertipu. Atau untuk menjadi kaya secara instan, banyak orang menghalalkan segala cara seperti menipu dan korupsi. Akibatnya tertangkap, masuk penjara dan mendatangkan malu.

                Nats ini ditulis oleh seorang raja terkaya di dunia pada saat itu, yaitu raja Salomo. Kekayaan Salomo, bersumber dari warisan dari bapanya, raja Daud, dan hasil pengembangan yang dia lakukan. Kekayaan raja Daud tidak dicapai secara instan, tetapi secara bertahap, yaitu setelah ia sekitar 7 tahun memerintah di Hebron dan 33 tahun memerintah di Yerusalem. Artinya raja Daud membutuhkan 40 tahun untuk menjadi seorang yang kaya raya yang kemudian diwariskan kepada anaknya, raja Salomo.

                Terkadang kita ingin kaya secara instan. Kita lupa bahwa semua pekerjaan membutuhkan waktu yang lama dan sebuah proses untuk menjadi kaya. Tuhan merancang pertumbuhan kita secara wajar dan normal, bekerja atau berusaha dengan wajar, menabung dengan wajar, berinvestasi dengan wajar, mengambil keuntungan secara wajar, dan beribadah dengan wajar. Kita harus menghindarkan ambisi kaya instan, karena hal itu cenderung mengakibatkan kekecewaan dan penderitaan. Lakukanlah semua pekerjaan secara bertahap dan wajar.

 Doa  :     Tuhan, terima kasih telah mengajarkan kepada kami mengiuti proses setiap pekerjaan secara bertahap dan mensyukuri segala berkatMu. Amin. (LPH)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Rabu, 18 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.