Selasa, 17 Juli 2018

YESUS MEMBEBASKAN MANUSIA DARI DOSA      

Aku akan mengangkat kamu menjadi umatKu dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, Tuhan, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir (Keluaran 6: 6)

1 Tim. 6: 17-19               BE. 766: 1                             Pkh. 9: 8-10    

            Seorang raja baru bangkit memerintah tanah Mesir yang tidak mengenal Yusuf, dia sangat ketakutan melihat pertumbuhan bangsa Israel yang melebihi jumlah bangsa Mesir, lalu memerintahkan rakyatnya untuk menindas bangsa Israel dengan kerja paksa. Bangsa Israel mengalami kesengsaraan yang luar biasa dengan melakukan kerja paksa yang berat sehingga hidup mereka sangat pahit. Orang Israel berseru-seru minta pertolongan Allah dan Allah mengingat perjanjianNya dengan Abrahan, Ishak dan Yakub, lalu mengutus Musa untuk membebaskan mereka dari perbudakan bangsa Mesir.

                Nats ini adalah firman Allah yang harus disampaikan Musa kepada bangsa Israel agar mereka  tetap percaya bahwa Allah nenek moyang mereka adalah Allah, Tuhan yang setia. Orang Israel yang telah tinggal selama 430 tahun di Mesir menyaksikan perbuatan ajaib Allah melalui Musa dan Harun dengan melakukan sepuluh tulah di hadapan bangsa Mesir dan Firaun. Tulah kesepuluh yaitu kematian anak sulung baik manusia maupun ternak membuat bangsa Mesir ketakutan dan mengijinkan bangsa Israel segera meninggalkan Mesir dan bangsa Israel percaya Allahlah yang telah membebaskan mereka.

                Sebagai umat Kristus, kitapun diingatkan bahwa Yesus datang ke dunia untuk membebaskan kita dari perbudakan dosa. Dosa-dosa kita telah ditebus Yesus dan melalui kebangkitanNya kita tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Bila kita tetap percaya dan mau melakukan yang sesuai firmanNya, kita akan beroleh keselamatan.

 Doa  :     Terima kasih Tuhan yang telah membebaskan kami dari dosa dan kami percaya melalui kebangkitanMu, kami akan memperoleh keselamatan dari Tuhan. Amin. (JN)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.