Senin, 16 Juli 2018

BEKERJA DALAM KETEKUNAN

Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan, tetapi siapa mengejar barang  yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan (Amsal 28:19) 

2 Tes. 3:5-9                   BE. 373:1+3                           Ul. 24:10-15

           Kata “Amsal” dalam bahasa ibrani, Misyile, berarti menjadi orang bijak dan berhikmaat, orang yang hidup dan berhasil dapat menikmati kehidupan yang baik dan bermanfaat. Dalam nats ini  Tuhan turut campur tangan melalui Raja Salomo menyatakan: Siapa mengerjakan tanahnya akan kenyang dengan makanan yang artinya, orang yang bijak dan orang yang berhikmat yang peduli dengan hidup dan bekerja keras akan mendapat keberhasilan (Efesus 1:11).

               Nats ini juga mengajarkan supaya kita rajin dan tekun bekerja. Bekerja adalah hakekat manusia, karena Tuhan bekerja sampai sekarang, maka kita pun harus tekun bekerja (Yoh. 5:17), melakukan pekerjaan yang baik yang berkenan bagi Allah. Rasul Paulus di dalam surat-surat penggembalaannya selalu menasehatkan para jemaat untuk rajin bekerja: “Sebab kamu sendiri tahu, bagaimana kamu harus mengikuti teladan kami, karena kami tidak lalai bekerja di antara kamu, dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang dan malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapa pun di antara kamu” (2Tes. 3:7-8).

                Paulus lebih lanjut menegaskan: “Jika seorang tidak mau bekerja janganlah ia makan”. Hidup harus tertib melakukan semua pekerjaan yang bermakna, tidak sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna (2 Tes. 3:10-11). Orang yang mengejar barang yang sia-sia akan kenyang dengan kemiskinan dan penderitan. Barang yang dimiliki melalui dusta, penipuan, judi atau korupsi, pasti akan membawa penderitan dan kemiskinan. Oleh sebab itu kerjakanlah segala yang baik dan syukuri segala yang Tuhan berikan!   

 Doa  :  Tuhan, ajar kami untuk rajin dan tekun bekerja, agar kami bebas dari penderitaan dan kemiskinan. Amin. (Vic.S)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.