Sabtu, 14 Juli 2018

BERJAGA-JAGA DAN WASPADA

KataNya lagi kepada mereka: “Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu.” (Lukas 12:15)

 Mzm. 112:16a              BE. 492:1                             Yer. 9:2325

           Dalam beberapa tahun terakhir ini banyak pejabat yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT), karena tidak waspada dan tidak berjaga-jaga terhadap kerakusan, keserakahan dan ketamakan mereka, sehingga mereka dicemooh dan dipermalukan. Demikian juga sekarang ini banyak yang bersaudara kandung, satu ayah dan satu ibu, berseteru, bermusuhan, bahkan saling bunuh karena serakah merebut pembagian warisan, sehingga tidak sedikit yang sampai masuk penjara, atau stress hingga masuk rumah sakit.

Tuhan Yesus sejak 2000 tahun yang lalu telah mengingatkan semua orang-orang percaya agar selalu waspada dan berjaga-jaga tentang ketamakan, keserakahan dan kerakusan. Sikap perilaku seperti itu adalah suatu penyakit mementingkan diri sendiri, yang berdampak menyakiti hati orang lain dan dan tidak berkenan bagi Tuhan.

Menurut Tuhan Yesus, sebagaimana dimuat dalam Alkitab, yang paling utama adalah hidup kekal di sorga, bukan hidup berke-limpahan di bumi. Tuhan tidak melarang kita kaya atau banyak harta, tetapi sorgalah yang prioritas (Mat. 6:19, 21). Firman Tuhan berkata: “Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal” (1 Yoh. 2:25). Oleh karena itu saudara-saudara yang dikasihi Tuhan Yesus, kita harus meninggalkan atau menjauhi sikap-sikap yang serakah, tamak, rakus dan mementingkan diri sendiri. Jangan sampai kita diperhamba oleh uang atau harta, akan tetapi marilah kita gunakan harta itu untuk memuliakan Tuhan.

 Doa :      Tuhan Yesus, kuatkan kami untuk sealalu berjaga-jaga dan waspada terhadap ketamakan dan keserakahan, untuk tidak mementingkan diri sendiri. Amin. (GT)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.