Jumat, 13 Juli 2018

MULIAKANLAH TUHAN DENGAN HARTAMU

Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya (Matius 6:19)

 Ibr. 10:3639                  BE. 789:1                            Yer. 48:3539

          Apa harta yang paling bernilai bagimu? Ada orang yang tidak suka mendengar apabila dikatakan bahwa harta itu mengha-langi hubungan kita dengan Tuhan. Yesus sendiri mengi-ngatkan: ”Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung daripada kekayaannya itu” (Lukas 12:15). Dua kata ”berjaga-jaga” dan ”waspada” menunjukkan bahwa ketamakan itu merupakan hal yang sangat serius. 

                Banyak dosa yang serius, tetapi tidak mendominasi penekanan pengajaran Yesus secara luar biasa dibandingkan dengan pengajaran tentang harta dan ketamakan. Yesus berkata, jangan mengumpulkan harta di bumi! Ini bukan semata-mata masalah uang, tetapi apa yang paling bernilai dalam kehidupan kita yang membuat kita harus tetap dekat dengan Tuhan. Artinya, bagaimana kita memandang sesuatu dalam kehidupan sehingga menjadi prioritas, dapat membuat iri hati, jatuh dalam dosa dan dapat membeda-bedakan orang. Alkitab berkata bahwa kerajaan surga seumpama harta yang terpendam, artinya sangat bernilai dan belum banyak orang yang mengetahunya.

                Persoalannya, apa yang menjadi prioritas kita dalam hidup ini? Tuhan mempercayakan harta yang ada pada kita, untuk digunakan memuliakan Tuhan dan sesuai kehendakNya. Sudahkah kita mela-kukan kehendak Tuhan dalam hidup ini? Relakah kita melepaskan sebagian harta di bumi ini untuk mendapatkan harta surgawi yang kekal selama-lamanya? Mari kita menjawabnya pribadi lepas pribadi.

 Doa:       Tuhan, kami sering lebih mengutamakan harta dunia ini dari pada melakukan FirmanMu.  Ajar kami menggunakan berkat yang Tuhan beri untuk memuliakanMu. Amin. (DEL)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Jumat, 13 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.