MULIAKANLAH TUHAN

Muliakanlah Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu (Amsal 3:9)

 Yak. 5:16                     BE. 694:1+5                       Ams. 15:1416

           Nats ini adalah ungkapan hati Raja Salomo agar memuliakan Tuhan dengan hartanya. Nats ini juga berkaitan dengan perintah agar memberikan buah sulung setiap panen atau tuaian yang pertama kepada Tuhan di awal tahun yang baru. Atas ketaatan mela-kukan perintah Tuhan tersebut, maka hidup kita akan diberkati sepanjang tahun yang kita lalui. 

                Apa yang dimaksud dengan memuliakan Tuhan dengan harta milik kita? Bangsa Israel diperintahkan oleh Tuhan agar setibanya di tanah Kanaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menabur benih; kemudian, hasil tuaian yang pertama harus dibawa kepada Tuhan sebagai persembahan pertama kepada para imam. Bangsa Israel taat melakukan perintah itu, dan hasil ketaatan itu, Tuhan memelihara mereka dengan sempurna. Apapun yang mereka tabur dan tanam, selalu diberkati Tuhan berlimpah-limpah, bahkan mereka tidak pernah kekurangan apapun (Im. 23:10-11).

                Tuhan adalah sumber berkat (Ul.8:18). Memuliakan Tuhan dengan harta yang kita miliki, berarti kita sadar bahwa Tuhan adalah sumber dari segala harta dan kekayaan yang kita miliki. Tuhan memberikan jalan dan kekuatan agar kita mampu memperoleh kekayaan, dan itu adalah janji setia Tuhan. Dengan menerima berkat kecukupan dan kekayaan dari Tuhan, berarti kita dipercaya oleh Tuhan untuk memiliki dan mengelola harta secara bertanggung jawab untuk kemuliaan Tuhan. Disamping untuk melayani Tuhan, kita akan menggu-nakan sebagaian harta tersebut untuk menolong yang berkekurangan, sehingga kita menjadi saluran berkat bagi orang lain.

 Doa:       Tuhan, terimakasih telah memberi kepercayaan kepada kami untuk mengelola harta milikMu. Tolong kami menjadi saluran berkat bagi orang lain.  Amin. (DEL)