ALLAH SUMBER KEKAYAAN DAN KEMULIAAN

Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari padaMu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tanganMulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya (1 Tawarikh 29:12)

 1 Yoh. 3:17-18               BE. 470:1+4                           Ul. 8:17-20

              Nats ini adalah nyayian pujian Daud atas berkenan Tuhan kepada Daud membuat persiapan dan menyediakan segala kebutuhan pembangunan Bait Allah di Yerusalem. Allah tidak memperkenankan Daud membangun Bait Allah, tetapi anaknya, Salomo yang diijinkan Allah (2 Samuel 7:12-14). Daud tidak menyombongkan apa yang telah dilakukannya untuk mempersiapkan pembangunan Bait Allah. Daud menyadari dan mengakui bahwa semua yang ada pada dirinya adalah dari Tuhan dan akan dipakai untuk kemuliaan Tuhan.

                Apa yang dapat kita pelajari dari nats ini? Pertama, Daud dengan segala kemampuannya merencanakan pembangunan bait Allah. Dia mempersiapkan semua kebutuhan pembangunan itu, walaupun yang akan melaksanakannya adalah Salomo. Daud tidak mencari nama atau menjaga harga diri, akan tetapi mengutamakan perintah Tuhan membangun bait Allah.

                Kedua, Daud tidak menyombongkan apa yang dilakukannya untuk kemuliaan Tuhan. Tetapi dia bersaksi bahwa semua itu adalah dari Tuhan. Demikianlah adanya apapun yang kita lakukan, haruslah untuk pelayanan Tuhan. Kita adalah hamba yang tidak berguna karena kita hanya melakukan apa yang harus kita lakukan (Lukas 17:10b). Oleh sebab itu, marilah kita melakukan pekerjaan pelayanan Tuhan dengan sungguh-sungguh, dengan rendah hati untuk kemuliaan Tuhan, bukan untuk mencuri kemuliaanNya untuk kita sendiri.

Doa:       Tuhan, ajarlah kami bersaksi bahwa apapun yang ada pada kami adalah bersumber dari Tuhan dan akan kami pergunakan untuk kemuliaan Tuhan. Amin. (BSS)