Sabtu, 7 Juli 2018

MELAKUKAN SEGALA YANG BAIK

Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik. Jauhkanlah dirimu dari segala jenis kejahatan (1 Tesalonika 5:21-22)

Rm. 6:12-14                  BE. 127:4+6                         Ayb. 38:12-21

            Rasul Paulus mengingat awal pelayannya di jemaat Tesalonika. Pada saat itu, jemaat Tesalonika sudah memiliki iman yang teguh dan menjadi penurut perintah Tuhan. Bahkan keteguhan iman, kasih dan ketekunan pengharapan mereka sudah dapat menjadi teladan bagi semua orang percaya di wilayah Makedonia dan Akhaya. Oleh sebab itu, setelah Paulus meninggalkan Tesalonika untuk melayani di tempat lain, ia selalu mendoakan jemaat Tesalonika dan mengirimkan Surat penggembalaan yang pertama dan kedua.

Surat penggembalaan tersebut memuat beberapa nasehat supaya jemaat di Tesalonika tetap memelihara dan mendewasakan iman mereka kepada Tuhan Yesus. Dalam bagian terakhir Surat Pertama ini dinasehatkan antara lain supaya jemaat di Tesalonika: Menghormati semua hamba yang bekerja keras melayani jemaat, hidup damai seorang dengan yang lain, hidup dalam ketertiban, menghibur mereka yang tawar hati, membela yang lemah, jangan membalas kejahatan dengan kejahatan, bersukacita senantiasa, tekun berdoa, mengucap syukur dalam segala hal, mengandalkan bimbingan Roh Kudus, dan melakukan segala yang baik.

Artinya, hidup orang percaya itu tidak pernah berhenti mela-kukan yang baik. Itu perintah dan ajaran Tuhan Yesus, termasuk bagi kita sekarang ini. Melakukan yang baik, adalah bukti bahwa kita setia kepada Tuhan, sekaligus menjadi  kesaksian hidup, atau gaya hidup orang beriman. Kita melakukan yang baik kepada semua orang dengan tulus, bukan karena terpaksa atau pura-pura, harus keluar dari hati yang beriman, mengalir dengan kasih.

Doa:       Tuhan, ajar dan kuatkanlah kami melakukan segala yang baik kepada semua orang dengan tulus dari hati yang beriman, mengalir dengan kasih. Amin. (MPSil)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Sabtu, 7 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.