Kamis 5 Juli 2018

TUHAN YANG EMPUNYA SEMESTA ALAM

Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkannya di atas sungai-sungai (Mazmur 24:1-2)

Kis. 17:24-28                         BE. 783:1-2+5                     Yes.11:6-8

Melalui nats ini pemazmur memberikan pujian kepada Tuhan Allah Zebaot, karena Dialah Tuhan yang empunya semesta alam dengan segala isinya.  Bagaimana Allah  mendasarkan bumi di atas alas-alasnya agar tegak dan penduduknya tidak perlu takut, tidak dapat dipahami akal manusia. Susunan tata surya dan ribuan planet di alam semesta ini tertata dengan rapi, sungguh merupakan keajaiban karya ciptaan Tuhan yang luar biasa.

Keajaiban karya ciptaan dan kebesaran Tuhan ini menjadi pokok puji-pujian bangsa Israel, ketika tabut Tuhan dibawa naik ke Yerusalem yang baru direbut oleh Raja Daud dengan pasukannya. Peristiwa bersejarah ini kemudian diperingati dan dirayakan sebagai zaman kerajaan yang mengagungkan Tuhan, karena Tuhan telah memilih Raja Daud dan keturunannya memerintah di Israel. Untuk turut mengagungkan Tuhan di tempatnya yang kudus, peserta ibadah harus memenuhi syarat tertentu yaitu kerelaan menjalankan kehendak Allah (Ayat 3-6). Dan dalam perayaan itu, Tuhan disambut sebagai Raja Kemuliaan (Ayat 7-10) dan sebagai Pencipta langit dan bumi.

Seperti pemazmur, kita umat Kristiani sekarang ini juga harus mengagungkan Tuhan sebagai pencipta dan pemilik alam semesta. Sebagai ciptaaan yang diberi kedudukan istimewa, kita manusia harus ikut menjaga kelestarian alam tersebut, serta kita harus menaati perintah-peritah Allah dan mengimani bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Raja Kemuliaan sebagai Tuhan semesta alam.

Doa:       Terima kasih Tuhan Yesus mengingatkan kami supaya kami tetap mengagungkan Tuhan sebagai yang empunya semesta alam. Amin. (TDLB)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Kamis 5 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.