Minggu, 1 Juli 2018

Minggu Kelima Setelah Trinitatis

SEMUA CIPTAAN MEMUJI TUHAN

Ep.   Mazmur 148:1-6

Pemazmur melalui nats ini mengajak semua ciptaan Tuhan termasuk kita umat manusia memuji Tuhan. Hanya Tuhan yang patut dipuji dan dipuja, karena Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya, serta menciptakan kita manusia seturut dengan gambarNya. Tuhan yang memberikan karunia talenta, hikmat dan pengetahuan bagi setiap orang, supaya kita dapat hidup mengem-bangkan ilmu pengetahuan dan temuan-temuan, daan supaya kita hidup bermartabat, berbudaya dan berketeraturan.

Kita boleh hormat dan kagum kepada mereka yang sukses sebagai penemu atau pemimpin. Namun kita harus selalu sadar bahwa pengetahuan dan kemampuan yang membuat mereka sukses, bersumber dari kasih karunia Tuhan dan oleh sebab itu, kita harus lebih memuji sumber dari kesuksesan itu, yaitu Tuhan Allah dari pada mereka yang mencapai sukses tersebut. Demikian juga bila Tuhan berkenan memberikan kita kesempatan untuk memiliki harta yang banyak atau jabatan terhormat, maka kita tidak boleh menyombongkan diri seolah-olah itu kita raih karena kehebatan kita sendiri, akan tetapi kita harus dengan ucapan syukur memuji Tuhan sumber dari segala berkat dan kasih karunia itu.

Sebagai insan yang diberi Tuhan hikmat dan pengetahuan untuk memelihara dan mengusahakan semua ciptaanNya, maka kita harus menjaga kelestarian dan keserasian semua alam semesta dan makhluk hidup di dalamnya, untuk tidak saling membinasakankan dan menghancurkan kehidupan manusia. Dengan demikian, kita telah ikut mengajak alam semesta dan ciptaan Tuhan lainnya secara bersama-sama memuji dan memuliakan Dia.

 Doa  :     Ajar dan mampukan kami Tuhan untuk mengajak semua
orang, bahkan semua alam semesta dan segala makhluk
memuji memuliakanMu, Amin. (PJS)

 

MEMBERITAKAN INJIL KEPADA SEMUA MAKHLUK

Ev.     Markus 16:14-20

           Amanat Agung ini sangat jelas, yaitu memerintahkan muri-murid Tuhan Yesus pada waktu itu, dan kita semua orang percaya sekarang ini memberitakan Injil kepada segala makhluk, menjadikan semua bangsa di atas bumi menjadi muri Tuhan Yesus, mengajar dan membaptis mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, supaya menjadi orang percaya kepada Tuhan Yesus, serta setia dan tekun melakukan perintah Tuhan.

Untuk melaksanakan Amanat Agun tersebut, Tuhan Yesus menjanjikan akan senantiasa menyertai kita, bahkan memperlengkapi kita dengan kuasaNya untuk mengalahkan si jahat dan kuasa dunia ini, mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit. Demikian juga Roh  Kudus, Roh Kebenaran Tuhan dan Roh Penolong itu akan membimbing kita untuk memberitakan Injil itu tepat sasaran, dan supaya Roh Kudus yang membukakan hati mereka untuk menerima Firman Tuhan. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi para hamba Tuhan dan semua orang percaya untuk tidak memberitakan Injil. Kita terpanggil memberitakan Injil melalui posisi dan profesi kita masing-masing, di tempat kerja atau pergaulan sehari-hari. Melalui pendekatan persahabatan dan kasih, Tuhan akan berkenan memakai kita membawa banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus.

Khususnya di lingkungan HKBP akhir-akhir ini, sangat terasa semakin banyak jemaat yang tidak terjangkau pelayanan Gereja, baik karena faktor jarak dan kemiskinan, maupun karena kerinduan mendengarkan Firman Tuhan dan mengikuti persekutuan yang semakin menipis. Oleh sebab itu, marilah kita juga mengintensifkan pelayanan sending ke dalam, yaitu melayani anggota jemaat yang tidak terjangkau pelayanan Gereja selama ini.

Doa   :    Mampukan dan layakkan kami Tuhan untuk memberitakan InjilMu ke seluruh makhluk, supaya semuanya beroleh keselamatan yang dari Tuhan Yesus. Amin. (PJS)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Minggu, 1 Juli 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.