Rabu, 27 Juni 2018

DIPAKAI

Lalu Tuhan Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya (Kejadian 2:9a)

 Mzm. 96:11-13                          BE. 779:1-2                       Yes. 32:12-15

           Melalui Kitab Kejadian, Tuhan Allah menyingkapkan kebenaran tentang keberadaan hidup kita di dunia ini. “Pada mulanya Allah menciptakan” (Kej. 1:1), merupakan pernyataan yang ringkas dan tegas bahwa Allah sendiri yang bertindak aktif dan kreatif menciptakan dunia ini dan segala isinya. Betapa luar biasa hikmat Allah, sebab Dia kemudian menciptakan manusia setelah dicipta-kanNya semua yang menjadi kebutuhan manusia. Jadi, materi diciptakan oleh Allah untuk dipakai manusia bagi kebaikan hidupnya.

        Kondisi ideal itu rusak karena dosa Adam dan Hawa. Dosa mereka terjadi ketika mereka lebih memilih untuk mendengarkan dan taat melakukan anjuran iblis (Kej. 3) daripada taat melakukan Firman yang mereka dengarkan lebih dahulu dari Allah. Mereka memilih untuk menjauh dari Allah yang menciptakan mereka dan mempersilahkan iblis untuk memperbudak mereka. Karena ketidaktaatan Adam kepada Allah, maka dosa telah masuk ke dalam dunia dan menjalar kepada semua manusia, sehingga semua manusia telah berdosa dan mengalami maut (Rom. 5:12).

        Di dalam keberdosaan, manusia hidup untuk dirinya sendiri dan materi pun menjadi berhala yang mengendalikan hidupnya. Namun, karena kasihNya, Tuhan Allah telah melawat dunia ini melalui Yesus Kristus. Sehingga ketika kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita menyadari bahwa hidup yang kita jalani hanyalah bagi kemuliaan Tuhan. Untuk kelangsungan hidup yang mulia itulah kita memakai dan menikmati materi yang ada.   

Doa:     Ya Tuhan, syukur atas kasihMu kepadaku. Ajar aku untuk menggunakan semua berkatMu secara bertanggungjawab dan hanya bagi kemuliaanMu. Amin. (PSW)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Rabu, 27 Juni 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.