Senin, 25 Juni 2018

KESOMBONGAN AKAN DIHANCURKAN

Merataplah, hai pohon sanobar, sebab sudah rebah pohon aras dan sudah dirusakkan pohon-pohon yang hebat ! Merataplah, hai pohon-pohon tarbantin Basan, sebab telah rata hutan yang lebat itu! (Zakharia 11:2)

 Kej. 1:29-31                               BE. 769:1                          Yes. 41:19-20

           Pasal 11 adalah bagian nubuatan yang menyedihkan, nubuatan tentang penghancuran Israel.Tuhan membuang Israel karena raja mereka yang rusak menyebabkan seluruh rakyat menjadi rusak. Semua raja yang kejam dan mengabaikan Tuhan itu akan dihukum dan domba-domba ini dibimbing bukan untuk mendapatkan rumput yang hijau atau air yang tenang, tetapi untuk dibantai dan diambil dagingnya.

            Gembala-gembala yang jahat itu bahkan bersyukur kepada Tuhan karena boleh mendapat untung dari menjual domba-domba itu untuk dibantai. Para gembala yang baik meratap! Nats ini mengatakan walaupun pohon aras sangat kuat namun akhirnya dimakan api. Yerusalem yang begitu megah dengan tembok-temboknya yang begitu kokoh dan didalamnya dipenuhi orang-orang beragama, ahli Taurat, Farisi yang sangat sombong akhirnya dihancurkan karena tidak berkenan di hadapan Allah.

                Kita sering merasa bangga sebagai bangsa pilihan Tuhan yang diberkati menjadikan kita sombong baik secara lahiriah maupun rohani, kita pikir akan terus diberkati Tuhan. Contoh ini juga menjadi peringatan serius bagi orang percaya yang menjadi sombong karena merasa dirinya umat yang diselamatkan. Kesombongan, kepandaian, kekuasaan, kekayaaan  tidak ada yang bisa diandalkan. Semua akan berlalu. Kalau kita sudah diselamatkan, bukan untuk disombongkan melainkan untu bersyukurlah dan merendahkan diri.

 Doa:       Tuhan, tolong kami agar tidak menjadi sombong. Ajar para pemimpin Gereja kami agar menjadi gembala yang memperhatikan domba gembalaannya. Amin. (DSim)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 25 Juni 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.