Sabtu, 23 Juni 2018

KESERUPAN DENGAN KRISTUS

Berfirmanlah Allah: ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” (Kejadian 1:26)

Yes. 19:5-8                                BE. 116:1                           Hab. 3:17-19

             Allah menciptakan manusia serupa dengan gambarNya.  Antara Allah  sebagai pencipta dan manusia sebagai mahluk ciptaan ada suatu hubungan yang kusus. Mahluk yang lain diciptakan melalui Firman. Manusia diciptakan menurut gambar Allah. Sehingga manusia itu bukanlah mahluk biasa. Kita diciptakan untuk menjadi serupa dengan Kristus. Setelah manusia pertama dibentuk dari debu tanah, kemudian Allah menghembuskan nafas kehidupan. Dari semua ciptaan, hanya manusia  yang diciptakan  “menurut gambar Allah dan dihembuskan nafas kehidupan.”

                Seperti Allah kita adalah mahluk roh. Roh kita kekal, akan hidup lebih lama dari pada tubuh jasmani. Kita memiliki akal budi yaitu berfikir, bernalar dan memecahkan masalah. Seperti Allah, kita memiliki sifat suka berhubungan; kita bisa memberi dan menerima kasih sejati. Tetapi gambar itu tidak lengkap dan telah rusak oleh dosa. Kerena itu Allah mengutus Yesus dengan suatu misi untuk memulihkan gambar lengkap yang hilang itu.

                Kita tidak bisa menghasilkan karakter Yesus dengan kekuatan diri sendiri. Hanya Roh Kudus yang memiliki kuasa untuk membuat perubahan-perubahan yang Allah ingin buat. Kita membiarkan Kristus hidup melalui kita. Bagaimanakah hal itu terjadi? Kita harus bekerja sama denga Roh Kudus dengan melepaskan kuasaNya pada saat kita mengambil langkah iman, supaya Roh Kudus yang memimpin kita mengatasi segla persoalan yang kita hadapi.

Doa:       Tuhan Yesus, bentuklah aku serupa dengan diriMu, dan mempukan aku meneladani hidupMu. Amin. (PMS)

About the author: bksmarturia

2 comments to “Sabtu, 23 Juni 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Buha Sihar - June 24, 2018 at 12:40 pm Reply

    Terima kasih amang/inang
    Pilihan huruf dlm renungan nya sekarang lebih mudah dibaca karena di BOLD.
    Tuhan memberkati pelayanan marturia melalui media internet ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.