Selasa, 19 Juni 2018

 

MENIKMATI PEMELIHARAAN ALLAH

Berfirmanlah Allah: Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu (Kejadian 1:29)

Mzm. 29:1-11                           BE. 12:2+8                         Yes. 10:16-19

         Allah menciptakan alam semesta dan segala isinya, termasuk manusia. Allah menciptakan manusia sebagai mandatarisNya yang segambar dengan Dia untuk menguasai ciptaanNya. Dan sebelum menciptakan manusia di bumi ini, Tuhan telah menyiapkan sarana dan prasarananya terlebih dahulu, termasuk apa yang harus dimakan nantinya. Bahkan Tuhan memperlihatkannya dengan sukacita kepada manusia bahwa Dia memberikan segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji untuk menjadi makanan manusia.

Di ayat selanjutnya disebutkan bahwa binatangpun tidak luput dari perhatian-Nya. Dia memberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanan para binatang. Dan jadilah demikian sesuai firman-Nya. Namun, seringkali manusia tidak menghargai apa yang telah dipersiapkan Allah. Manusia sering mengelolanya dengan penuh kerakusan sehingga sering datang bencana karena ulah manusia itu sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan sifat Allah. Dia  memikirkan dan memelihara kepentingan semua ciptaan-Nya, yaitu: Apa yang diperlukan manusia itu dalam hari-hari kehidupan mereka.

Kita tidak akan kekurangan bahan pangan karena Allah telah mencukupkannya bagi kita. Selanjutnya adalah tanggung jawab kita untuk mengelolanya sehingga apa yang telah dipersiapkan Allah berkesinambungan sampai pada anak cucu kita kelak. Tanggung jawab ini adalah respons kita akan kasih dan kepedulian Allah.

Doa:       Ya Tuhan, kami bersyukur atas segala kebaikanMu. Ajar
kami untuk memelihara segala ciptaanMu dan senantiasa
berbuat sesuai kehendakMu. Amin. (YMS)

About the author: bksmarturia

Leave a Reply

Your email address will not be published.