Senin, 18 Juni 2018

TUHAN SELALU MENOLONG KITA

Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada Tuhan, kepada Allahku aku berseru. Dan Ia mendengar suaruku dari baitNya, teriakku minta tolong masuk telingaNya (2 Samuel 22:7)

Mzm. 18:3-8                               BE. 223:2                       Yes. 32:16-20

           Pernahkah kita merenungkan perjalanan hidup kita? Kalau mau jujur, kita akan menyadari bahwa di dalam kesulitan hidup dan ancaman bahaya apa pun, ternyata Tuhan menolong kita keluar dari kesulitan. Tentu saja ! Kalau tidak, kita tidak mungkin bertahan hidup sampai sekarang. Daud adalah seorang pemazmur yang handal. Banyak penafsir  mengidentikkan kitab Mazmur sebagai Mazmur Daud. Mazmur Daud lahir dari pengenalannya akan Allah yang diteguhkan oleh pengalamannya berjalan bersama Allah.

                Pengalaman Daud ditolong oleh Tuhan diungkapkan secara inti pada Ayat 7: ”dalam kesesakan, aku berseru kepada Tuhan”, dan ”Ia mendengar suaraku dari baitNya” Pertolongan Allah kemudian dipaparkan sebagai tindakan aktif secara kosmik menyelamatkan hambaNya (8-20). Nyanyian Daud dalam perikop ini adalah nyanyian tentang dilepaskannya Daud. Pertolongan Allah kemudian dipaparkan sebagai tindakan aktif, melalui peristiwa alam, menyelamatkan hambaNya. Maka, ia pun merespons anugerah Tuhan itu dengan menjaga hidupnya selalu berkenan kepada Tuhan.

                Fungsi mazmur ini bagi Daud ialah berterima kasih kepada Tuhan sehingga beroleh hati bijaksana. Selain itu, bersaksi supaya kita yang mendengarkan atau melantunkan mazmur ini dapat memperoleh kekuatan hidup. Kita juga sekarang dapat menghitung berkat dan pertolongan Tuhan yang telah kita terima. Kemudian kita saksikan, maka kita akan memperoleh kekuatan hidup bagi diri sendiri dan juga memberikan kekuatan hidup bagi orang lain!

Doa:       Tuhan, Engkaulah Penolongku di setiap kesulitanku, dan Engkaulah yang kuandalkan untuk menghadapi segala persoalan hidupku! Amin. (LPH)

About the author: bksmarturia

Has one comment to “Senin, 18 Juni 2018”

You can leave a reply or Trackback this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published.