YESUS KRISTUS JURU SELAMAT DUNIA

Kiranya negerinya diberkati oleh Tuhan dengan yang terbaik dari langit, dengan air embun, dan dengan air samudera raya yang ada di bawah (Ulangan 33:13b)

Why. 8:6-11                               BE. 463:1                           Kej. 26:17-22

          Janji Tuhan kepada Abraham, tidak boleh tidak, harus dipenuhi. Tuhan mereka-reka kebaikan, dengan maksud untuk menggenapi janjiNya, yakni memelihara hidup satu bangsa yang besar (Kej. 50:20). Allah mempersiapkan umatNya di tanah Mesir dengan mengangkat Yusuf menjadi penguasa di Mesir. Kemudianj Yakub dan 70 orang turunannya pindah ke Mesir ke tanah Gosyen.

Firaun yang berikutnya tidak tahu siapa Yusuf, kemudian umat Israel diperbudak oleh raja Mesir menjadi pekerja rodi. Bangsa Israel bertumbuh cepat, maka setiap anak laki-laki disuruh bunuh. Dalam rencana keselamatan umat Israel, bayi Musa  diambil oleh Putri Firaun, dan diangkat menjadi puteranya. Setelah besar, Musa membunuh tentara orang Mesir yang berkelahi dengan orang Israel. Dia takut ketahuan, dia melarikan diri ke Midian, tinggal di rumah Yitro yang menjadi mertuanya (Kel 2:11-16). Dari tempat inilah Tuhan memanggil Musa untuk menyelamatkan orang Israel dari perbudakan.

                Dalam nats, Musa memberi berkat kepada suku-suku orang Israel dan suku Yusuf. Musa berkata: “Kiranya negerinya diberkati oleh Tuhan, dengan yang terbaik dari langit, dengan air embun, dan dengan air samudera raya, yang terutama gunung-gunung dan bukit-bukit; terbaik dari hasil bumi dan segala isinya dan sebagainya turun ke atas kepada Yusuf” (Ayat 13-17). Untuk hal yang sama Yesus datang 2000 tahun yang lalu, untuk menyelamatkan manusia dari perbudakan dosa, mencurahkan darahNya, untuk menebus dosa-dosa kita dan mengam-puni kita (Ef 1:7; Kol 1:13) dan menjadikan kita umatNya.

Doa:   Bapa surgawi, Engkau telah menyerahkan AnakMu yang tunggal itu untuk menyelamatkan kami. Terpujilah namaMu dari selama-lamanya sampai selama-lamanya. Amin. (AHSim)